6 Alasan Wajib Saksikan Eksotika Bromo 2022

- 10 Juni 2022, 20:37 WIB
Mari jaga kearifan lokal di daerah
Mari jaga kearifan lokal di daerah /Instagram @kemenparekraf.ri/

KARANGANYARNEWS - Ingin melihat hamparan Lautan Pasir Bromo yang berbeda dari hari-hari biasa? Jangan lupa untuk menyaksikan Eksotika Bromo 2022, yang akan menyulap lautan pasir menjadi lautan hiburan dan budaya. 

Ya, tak salah memang jika sekali-kali bermain ke Gunung Bromo, tak hanya berfoto di lautan pasirnya, naik kuda atau menaiki jip, melainkan mengikuti Ruwat dan Rawat Segoro Gunung, yang digelar Sabtu, 11 Juni 2022 hingga Minggu, 12 Juni 2022. 

Berikut 6 alasan wajib menyaksikan  pergelaran di Gunung Bromo yang akan menghipnotis para pengunjung, seperti dilansir dari indonesia travel dan Instagram @kemenparekraf.ri.

1. Pentas Kesenian dari Jawa Timur

Baca Juga: Terkuak, 5 Pesona Pura Taman Ayun Bali hingga Kemenparekraf Ajak Delegasi GPDRR Nikmati Wisata Budaya

Ada banyak pentas kesenian dapat disaksikan pada perhelatan ini, diantaranya Dongkrek Madiun, Reyog Sardulo Djojo dari Malang, Reog Gung Tulungagung, Sanggar Dharma Budaya Kota Pasuruan, Gebyar Batik Pamekasan, serta Jaranan Slining Lumajang. 

2. Persembahan Budaya Luar Jawa Timur 

Bukan hanya budaya dari Bromo serta daerah Jawa Timur yang disajikan dalam festival ini, tetapi ada juga kesenian tradisional lain dari luar Jawa Timur, seperti Burung Enggang Kalimantan Timur, Tie-Tie Sulawesi Barat, dan Komunitas Balon Udara Tradisional Kabupaten Wonosobo.

3. Pagelaran para Seniman Bromo

Penampilan para seniman dari Bromo, dapat disaksikan melalui Rampak 66 Barongan, persembahan empat wilayah penyangga Bromo Tengger Semeru, Tari Kidung Tengger, sebuah tarian kolosal tentang Joko Seger dan Roro Anteng, Monelan Tengger, Baleganjur Tengger, serta penampilan  Sanggar Adilaras Ngadiwana.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x