Semangat Peringatan Hari Kartini ke-145 Menghadirkan Lonjakan Kunjungan Wisatawan ke Museum Kartini

- 23 April 2024, 10:35 WIB
Semangat Peringatan Hari Kartini ke-145 Menghadirkan Lonjakan Kunjungan Wisatawan ke Museum Kartini
Semangat Peringatan Hari Kartini ke-145 Menghadirkan Lonjakan Kunjungan Wisatawan ke Museum Kartini /jatengprov.go.id/

KARANGANYARNEWS - Semangat peringatan Hari Kartini ke-145 masih terasa kuat, terbukti dengan lonjakan kunjungan wisatawan ke Museum Kartini.

Dilansir KaranganyarNews dari Sub Koordinator Sejarah, Museum, dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang, Retna Diah Radityawati, sejak 11 hingga 22 April 2024, lebih dari seribu wisatawan telah mengunjungi museum ini.

"Puncak kunjungan terjadi pada Sabtu (20/4/2024), H-1 sebelum perayaan Hari Kartini, dengan lebih dari 500 pengunjung dalam sehari," ungkap Retna.

Baca Juga: 9 Pahlawan Nasional Wanita Populer Indonesia, Ada RA Kartini hingga Fatmawati

Menurut Retna, euforia dari organisasi wanita dan sekolah-sekolah sangat besar. Mereka tidak hanya mengunjungi makam RA Kartini untuk ziarah, tetapi juga tetap menjadwalkan kunjungan ke Museum Kartini.

Dia juga menyoroti bahwa kunjungan wisatawan tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya pada momen yang sama, bahkan hampir menyamai kunjungan wisatawan di Tempat Rekreasi Pantai (TRP) Kartini saat Syawalan.

Retna menambahkan bahwa pemutaran film animasi RA Kartini di ruang audio visual museum menjadi favorit para pengunjung, yang termasuk dalam tiket masuk sebesar Rp 4.000. "Kita hampir berada di level setara dengan TRP Kartini," imbuhnya.

Baca Juga: Gunung Merapi: 5 Jenis Gempa Masih Mengguncang, Status Siaga Level III

Padahal TRP Kartini puncaknya kan di bulan syawal, tapi kemarin saya lihat laporan kunjungan (museum) itu sangat luar biasa," ucap Retna.

Halaman:

Editor: Mupus Prasetyo

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x