Teruntuk Siswa SMP di Cilacap, Satupena Jawa Tengah Selenggarakan Kelas Menulis

- 18 Agustus 2023, 18:20 WIB
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono, bersama Fungsionaris Satupena Gunawan Trihantoro
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono, bersama Fungsionaris Satupena Gunawan Trihantoro /Dok. Satupena/

KARANGANYARNEWS - Perkumpulan Penulis Indonesia "Satupena" Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Satupena Kabupaten Cilacap,  akan menyelenggarakan Kelas Menulis untuk Siswa SMP, kegiatan ini akan berlangsung bulan September 2023 di SMP Negeri 2 Maos, Kabupaten Cilacap.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Drs Sadmoko Danardono MSi ketika menerima audiensi delegasi Satupena Jawa Tengah mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang akan diadakan Satupena Jawa Tengah dan Satupena Kabupaten Cilacap.

Menurutnya, untuk literasi Kabupaten Cilacap ini memang mulai didorong. Dalam dua tahun terakhir, pihaknya fokus untuk pengembangan litetasi buat anak-anak sekolah yang ada di Kabupaten Cilacap.

 Baca Juga: Pengukuhan Satupena Kabupaten Semarang, Gunoto: Banyak Penulis Prasejahtera

"Kita pun sudah ada program, untuk literasi para siswa SD satu bulan wajib membaca satu judul buku. Untuk anak-anak SMP, minimal satu bulan membaca dua judul buku. Namun, program ini belum bisa optimal," katanya kepada fungsionaris Satupena Gunawan Trihantoro di ruang kerjanya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Menurut Sadmoko, gerakan literasi tersebut baru dimulai di masing-masing satuan pendidikan yang bervariasi. Ada yang baru mencapai 30 persen, ada yang 40 persen, ada yang 50 persen bahkan ada yang masih 10 persen.

Uji Kompetisi Bahasa Indonesia

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x