Akan Diadikan Bengkel, Benteng Bekas Keraton Kartasura Dijebol, Begini Kronologi Lengkapnya

- 23 April 2022, 03:39 WIB
Benteng Keraton Kartasura.
Benteng Keraton Kartasura. /Antara/Aris Warsita

KARANGANYARNEWS - Benteng yang mengelilingi kawasan bekas Keraton Kartasura di Krapyak Kulon, Kartasura, Sukoharjo, dijebol pemilik lahan berinisial MKB (45), warga Pucangan, Kartasura. 

Aksi perusakan itu membuat geger keluarga Keraton Kasunanan Surakarta, penggiat situs budaya, dan warga sekitar. Pasalnya, kawasan tersebut dalam proses pendaftaran sebagai kawasan cagar budaya ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.

Benteng yang dijebol sepanjang sekitar 4-5 meter. Rencananya, bagian  benteng yang dijebol itu akan dijadikan sebagai pintu masuk.

Baca Juga: Mengejutkan..! Adik Raja Solo Ungkap Penyebab Perusakan Bekas Benteng Keraton Kartasura

Pemilik lahan berdalih tidak mengetahui tanahnya termasuk dalam kawasan bekas Keraton Kartasura yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Menurut seorang warga Kartasura, Bambang, perusakan itu bermula dari pembelian lahan kosong yang dikelilingi benteng bekas Keraton Kartasura sekitar sebulan lalu.  

Lahan dibeli dari pemilik sebelumnya yang tinggal di Lampung seluas 682 M2 dengan harga Rp850 juta. Rencananya, pemilik lahan yang baru akan mendirikan bengkel mobil di kawasan tersebut.  

Baca Juga: Menguak Misteri Suksesi Keraton Kasultanan Ngayojakartakarta Hadiningrat

Pintu masuk lahan berada di sisi utara dengan jalan menanjak. Pemilik lahan pun berencana memindahkan pintu masuk di arah barat yang dikelililingi benteng batu bata.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x