Tradisi Yaqowiyyu Tebar Kue Apem 4 Ton, Ganjar Pranowo: Ritual Doa Pelepas Segala Kesulitan Hidup

- 17 September 2022, 13:06 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di tengah ratusan ribu pengunjung tradisi Yaqowiyyu di Jatinom, Kabupaten Klaten
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di tengah ratusan ribu pengunjung tradisi Yaqowiyyu di Jatinom, Kabupaten Klaten /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Upacara tradisi Yaqowiyyu tidak sebatas menebar kue apem hingga 4 ton, ritual setahun sekali ini juga sebagai ungkapan doa dan simbol persatuan kesatuan bangsa.

“Menebar kue apem merupakan bentuk berbagi rejeki cermin guyup rukunnya masyarakat, selalu semangat berusaha dan tidak pernah lepas doa,” kata Gubernur Jawa Tengah.

Ungkapan sekaligus harapan itu, sebagaimana disampaikan Ganjar Pranowo dalam puncak acara tradisi Yaqowiyyu di Desa dan Kecamatan Jatinom, Kabupaten Karanganyar, Jumat 16 September 2022 siang.

Baca Juga: Tradisi Yaqowiyu di Klaten: 4 Ton Kue Apem Bertuah Diperebutkan Ratusan Ribu Pengunjung

Dalam puncak acara tradisi Yaqowiyyu, Gubernur Ganjar Pranowo juga meminta kepada warga masyarakat untuk terus melestarikan tradisi atau budaya adi luhung warisan ulama terkemuka Ki Ageng Gribig ini.

Suasana kemeriahan sekaligus kegembiraan ratusan ribu pengunjung dalam  gelaran tradisi Yaqowiyyu di Kompleks Makam Kiai Ageng Gribig, menunjukkan terobatinya kerinduan mereka terhadap acara tebaran kue apem.

Setelah hampir tiga tahun ditiadakan karena dihantam pandemi Covid-19, tahun 2022 ini puncak tradisi Yaqowiyyu kembali digelar yang secara kebetulan dapat mempertemukan dirinya dengan ratusan warga dari berbagai daerah.

Baca Juga: Terjawab, Inilah Fakta Dibalik Kehadiran Airlangga dalam Haul Ki Ageng Gribig

Dalam kesempatan ini juga, tak lupa Ganjar Pranowo mengajak masyarakat berdoa, dia maksud agar dilimpahi anugrah dan kekuatan Allah Tuhan Yang Maha Esa  untuk menghadapi situasi sulitnya kehidupan ini.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x