7 Sasaran Operasi Zebra Candi 2023 yang Resmi Digelar Bulan Ini, Awas Jangan Kena Tilang!

- 4 September 2023, 23:39 WIB
7 sasaran Operasi Zebra Candi 2023 yang resmi digelar bulan ini, awas jangan kena tilang. Kegiatan ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/laurelnurse)
7 sasaran Operasi Zebra Candi 2023 yang resmi digelar bulan ini, awas jangan kena tilang. Kegiatan ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/laurelnurse) /
KARANGANYARNEWS - 7 Sasaran Operasi Zebra Candi 2023 yang Resmi Digelar Bulan Ini, Awas Jangan Kena Tilang. Operasi Zebra Candi digelar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) selama dua pekan, mulai 4 hingga 17 September 2023. Kegiatan ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia. 

Hal itu diungkapkan Wakapolresta Solo, AKBP Catur Cahyono Wibowo, saat apel gelar Operasi Zebra Candi 2023 di halaman Mapolresta Solo, Senin, 4 September 2023.

Dikutip dari Humas Polresta Surakarta, demi berjalannya Operasi Zebra Candi, AKBP Catur Cahyono Wibowo dalam sambutannya mengungkapkan kasus kecelakaan lalu lintas. 
 
Angka kecelakaan lalu lintas pada Operasi Zebra Candi 2022 sebanyak 720 kejadian.
 
 
Jumlah ini mengalami kenaikan 132 kejadian atau 22 persen dibanding periode 2021 sebanyak 588 kejadian. 
 
Jumlah korban meninggal dunia pada Operasi Zebra Candi 2022 sebanyak 33 orang. Angka ini mengalami penurunan 13 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 38 orang. 
 
"Sementara jumlah pelanggar lalu lintas selama 2022 sebanyak 234.408 dengan jumlah tilang 177.837 lembar dan teguran sebangak 56.571 lembar," ungkap AKBP Catur Cahyono Wibowo.
 
Adapun untuk mengatasi kasus itu, pihaknya menyatakan, Satlantas wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya.
 
 
Salah satunya bersama pemerintah mewujudkan keterpaduan langkah dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas.
 
"Langkah antisipasi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menghadirkan situasi kamseltibcarlantas," kata AKBP Catur Cahyono Wibowo.
 
Dalam hal ini berkolaborasi dengan seluruh stakeholder agar dapat diambil langkah komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.
 
"Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antarinstansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas, sehingga terwujud keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas," lanjutnya.
 
 
Operasi Zebra Candi bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait aturan lalu lintas. Ada tujuh fokus utama pelanggaran, yakni: 
1. Pengemudi menggunaan telepon seluler (Ponsel) saat berkendara
2. Pengendara atau pengemudi masih di bawah umur
3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang
4. Pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI. Pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman.
5. Pengemudi berkendara dalam pengaruh alkohol atau minuman keras
6. Pengemudi atau pengendara berjalan melawan arus
7. Pengemudi melebihi batas kecepatan.
 
Itulah sasaran Operasi Zebra Candi 2023 yang wajib kamu tahu. Semoga bisa jadi referensi. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x