UNS Kirim 17 Tim ke Pimnas 2023 Bandung, Incar 2 Medali Emas

- 26 November 2023, 18:05 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) meloloskan 17 tim ke Pimnas 2023 di Bandung. Tahun ini, UNS menargetkan dua medali emas di ajang tersebut. (Dok. Istimewa/Lala Dila Pradini)
Universitas Sebelas Maret (UNS) meloloskan 17 tim ke Pimnas 2023 di Bandung. Tahun ini, UNS menargetkan dua medali emas di ajang tersebut. (Dok. Istimewa/Lala Dila Pradini) /
KARANGANYARNEWS - Universitas Sebelas Maret (UNS) meloloskan 17 tim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2023 di Bandung. Tahun ini, UNS menargetkan dua medali emas di ajang tersebut.

Jumlah tim lolos tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya enam tim. Sebanyak 17 tim dikirim tersebut sebelumnya telah dinyatakan lolos tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) 2023 secara online. 

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus, mengatakan pihak kampus sudah mempersiapkan seluruh mahasiswa, baik di tingkat fakultas maupun universitas.
 
 
"Selain itu juga meminta para reviewer nasional untuk memberikan penguatan-penguatan kepada masing-masing tim," jelasnya, usai melepas tim Pimnas UNS, Jumat, 24 November 2023.
 
Target dua medali emas, menurut Ahmad Yunus tidak secara spesifik dari kelompok tertentu, namun paling banyak dikirim adalah kelompok riset dan eksakta. 
 
"17 tim PKM tahun ini terdiri atas satu tim PKM Kewirausahaan, satu tim PKM Pengabdian Masyarakat, satu tim PKM Penerapan Iptek, dua tim PKM Riset Sosial Humaniora, dan yang terbanyak adalah PKM Riset Eksakta dengan jumlah 12 tim," urainya.
 
 
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS menjadi fakultas dengan tim PKM terbanyak lolos Pimnas, yakni 12 tim.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof Irwan Trinugroho, menambahkan 17 tim diberangkatkan terdiri atas 77 mahasiswa, 13 dosen pembimbing, 11 orang tim sukses PKM UNS. 
 
"Mengutip slogan FKOR UNS, yakni solidarity, friendship, dan fair play, maka fair play ini tetap harus kita junjung tinggi,” ujarnya.
 
 
Sebelum terpilih 17 proposal, UNS melakukan seleksi internal pada 1.339 proposal PKM. Tercatat dari jumlah itu sekira 600 proposal lolos tahap selanjutnya. 
 
Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Iwan Wisnu Anggono, mengungkapkan sebanyak 101 proposal berhasil memperoleh pendanaan. 
 
"Mereka kemudian memasuki tahapan evaluasi proposal PKM dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2). Hingga saat ini terpilih 17 tim untuk mengikuti Pimnas," ungkapnya. ***
 

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x