Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Alkatiri Meninggal, Banjir Pelayat Antar Jenazah ke Peristirahatan Terakhir

- 16 April 2024, 23:14 WIB
Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Alkatiri meninggal dunia lantaran sakit. Ratusan pelayat ikut menyalatkan jenazah dan mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir. (Foto: Dok. Istimewa)
Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Alkatiri meninggal dunia lantaran sakit. Ratusan pelayat ikut menyalatkan jenazah dan mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir. (Foto: Dok. Istimewa) /
 
KARANGANYARNEWS - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah (DPRD Jateng), Quatly Alkatiri meninggal dunia lantaran sakit. Almarhum sempat menjalani perawatan dan mengembuskan napas terakhir pada Senin, 15 April 2024 sekira pukul 12.30 WIB di RSUD Dr Moewardi Solo. Ratusan pelayat ikut menyalatkan jenazah Quatly Alkatiri dan mengantarkannya ke tempat peristirahatan terakhir, Selasa, 16 April 2024.
 
Seremonial pelepasan jenazah digelar di rumah duka kawasan Wiropaten, Pasar Kliwon, Solo.
 
Sejumlah karangan bunga tampak berjajar di sekitar kediaman almarhum Quatly Alkatiri. Dua di antaranya karangan bunga dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. 
 
 
Jenazah Quatly Alkatiri disalatkan di Masjid Jami' Assegaf, Selasa siang. Ratusan pelayat terlihat ikut menyalatkan sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir. 
 
Sejumlah pejabat seperti Ketua DPRD Jateng Sumanto, Sekretaris Daerah Jateng Sumarno, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, serta sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Jateng dan Solo tampak hadir melayat. 
 
Usai disalatkan, jenazah lantas dibawa ke Pemakaman Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo untuk dikebumikan. 
 
Sekadar informasi, Quatly Abdulkadir Alkatiri merupakan Wakil Ketua DPRD Jateng dari Partai Keadilan Sejahtera.
 
 
Ia menempati kursi DPRD Jateng melalui daerah pemilihan (Dapil) VII meliputi Klaten, Sukoharjo, dan Solo. 
 
Saat berkiprah di partai, Quatly Alkatiri pernah menduduki jabatan Ketua DPD PKS Kota Solo periode 2002-2006.
 
Politisi senior ini juga pernah tiga periode menjabat anggota DPRD Kota Solo pada 2004 hingga 2019.
 
Karier politik Quatly Alkatiri terus berjalan. Ia sekali lagi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif melalui Partai Keadilan Sejahtera dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 di dapil VII dan memperoleh 83.681 suara. 
 
 
Ketua DPRD Jawa Tengah, Sumanto, menyebut sosok Quatly Alkatiri adalah kolega berjiwa sederhana, disiplin, dan getol memperjuangkan aspirasi masyarakat.
 
Politisi ini senantiasa tanggap terhadap berbagai keluhan masyarakat dan selalu memberikan solusi.
 
"Beliau adalah sosok senior yang bertanggung jawab dan ngemong ke sesama rekan di DPRD Jawa Tengah. Selalu memberikan petuah dan nasihat yang bermanfaat," kata Sumanto dalam pidato upacara pelepasan. 
 
Senada, Sekda Jateng, Sumarno bilang, Quatly Alkatiri adalah pribadi religius dan jenaka yang membuat komunikasi antara DPRD dan pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah begitu mudah. 
 
 
"Beliau kan menjadi anggota dewan dengan background agama yang kuat. Selama ini kerja sama juga baik, diskusi-diskusi juga alhamdulillah berjalan dengan baik, komunikasi kita dengan teman-teman DPRD," ungkap Sumarno. 
 
"Pak Quatly ini salah satu sosok yang membuat komunikasi lebih cair. Beliau ini luar biasa. Kepedulian Pak Quatly begitu luar biasa terhadap masyarakat di Jawa Tengah, jadi kontribusinya luar biasa" tukas dia. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x