Jenang Gempol, Kuliner Langka yang Kian Ngangeni dan Top Markotop

- 20 Desember 2021, 17:29 WIB
Citarasa khasnya kuliner jadul Jenang Gempol tercipta dari manisnya gula Jawa, gurihnya  cairan santan segar nonjoknya aroma pandan wangi
Citarasa khasnya kuliner jadul Jenang Gempol tercipta dari manisnya gula Jawa, gurihnya cairan santan segar nonjoknya aroma pandan wangi /Diskominfo Klaten/

KARANGANYARNEWS – Tersaji panas atau dingin, Jenang Gempol yang kian langka ini tetap bercitarasa top markotop dan ngangeni.

Terhitung tiga dasa warsa terakir ini, Jenang Gempol yang pernah merakyat sekaligus melegenda di eks Karesidenan Surakarta atau Solo Raya ini, kian sulit ditemukan penjualannya.  

Di beberapa pasar tradisional memang masih ada yang menjual Jenang Gempol,  itu pun tidak di setiap pasar tradisional masih ada generasi pelestari, penjual kuliner khas jaman dulu atau jadul ini.

Baca Juga: Kado Terindah Teruntuk Kaum Ibu di Hari Ibu      

Nah, penasaran bahan baku Jenang Gempol. Kepoin juga cara mengolah, penyajian maupun cita rasa khasnya kuliner jadul kian langka ini?

Jika kalian warga Kabupaten Klaten, atau secara kebetulan melintas di jalur utama Kota Bersinar ini, mampirlah di depan Puskesmas Klaten Tengah. Di area ini terdapat penjual Jenang Gempol, Bu Kiryanti namanya.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, pinggir jalan protokol di depan Puskesmas Klaten Tengah ini kelurahannya Pandanrejo, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Tawangmangu

Kepada awak media, Karyanti, 56 tahun mengaku berjualan Jenang Gempol ini sebagai penerus atau pelestari jajanan tradisional khas jauh sebelumnya telah  dijual nenek moyangnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x