Tanah dan Air Pertapaan Bancolono Menyatu di IKN, Inilah Misteri dan Historisnya

- 14 Maret 2022, 20:05 WIB
Pertapaan Bancolono Gunung Lawu, tempat penggambilan tanah dan air yang dibawa Gubernur Ganjar Pranowo ke acara penyatuan tanah dan air se Indonesia di Ibu Kota  Negara Indonesia (IKN), Nusantara
Pertapaan Bancolono Gunung Lawu, tempat penggambilan tanah dan air yang dibawa Gubernur Ganjar Pranowo ke acara penyatuan tanah dan air se Indonesia di Ibu Kota Negara Indonesia (IKN), Nusantara /Instagram Agl/

KARANGANYARNEWS - Tanah dan air dari Pertapaan Bancolono Gunung Lawu, menyatu dalam Kendi Nasional di Ibu Kota  Negara Indonesia (baru), Nusantara.

Acara menyatukan tanah dan air se Indonesia ini, dilakukan Presiden Jokowi di Kalimantan Timur, diikuti 33 Gubernur seluruh Provinsi di Indonesia, Senin 14 Maret 2022.

Tanah dan air dari Gunung Lawu, diyakini masarakat Jawa sebagai ‘pusering jagad’, dibawa ke Ibu Kota Negara Indonesia (IKN) Nusantara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca Juga: 5 Misteri Gunung Lawu yang Belum Terkuak

Bersamaan tanah dan air dari 33 Provinsi se Indonesia, tanah dan air dari Pertapaan Bancolono disatukan dalam Kendi Nasional di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang 33 Gubernur dari seluruh Indonesia ke lokasi calon pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Kalimantan Timur.

Tak hanya tangan kosong, Jokowi meminta para kepala daerah membawa air dan tanah dari daerah masing-masing, untuk disatukan dalam sebuah Kendi Nusantara.

Baca Juga: Sate Landak Lereng Gunung Lawu, Kuliner Ekstrim Pendongkrak Vitalitas

Sejumlah gubernur tiba di Kalimantan Timur Minggu, 13 Maret 2022. Sebagaimana Gubernur dari Provinsi lain, kedatangan Gubernur Ganjar Pranowo, juga membawa air dan tanah terpilih dari Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x