Libatkan Hantu, Begini Cara Masyarakat Karanganyar Menjaga Sawah Mereka

- 20 Juni 2022, 20:52 WIB
Beberapa karakter hantu sawah yang dipajang dalam Festival Memedi Sawahdi Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar
Beberapa karakter hantu sawah yang dipajang dalam Festival Memedi Sawahdi Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar /Dok pribadi/

KARANGANYARNEWS - Ada pemandangan berbeda di areal persawahan Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, pada Minggu 19 Juni 2022. Pasalnya deretan sosok menyeramkan terlihat berjajar di pematang sawah milik warga.

Di sana terlihat sosok hantu pocong, gendruwo, kuntilanak dan yang lainnya berdiri tegak menatap setiap orang yang melintas.

Keberadaan mahluk-mahluk ini memang membuat suasana jadi menyeramkan. Namun jangan salah sangka dulu. Sebab mahluk-mahluk yang berdiri berjajar itu hanyalah boneka pengusir hama padi yang sengaja dibuat untuk acara Festival Memedi Sawah.

Baca Juga: BPN Diminta Tinjau Ulang Lahan Sawah Dilindungi, Pemkab Karanganyar : Untuk Kebutuhan Investasi

Setidaknya ada 30 karakter hantu yang dipajang oleh warga dalam acara festival di sekitar Embung Setumpeng itu.

Dan sebelum dipajang, boneka-booneka itu diarak berkeliling sawah dan embung. Hal ini dilakukan sebagai simbol pembersihan energi negatif di sekitar kawasan tersebut. Agar di musim tanam memndatang tidak ada masalah yang mengganggu.

Ya, festival yang digelar warga sebenarnya adalah bagian dari upaya warga mempertahankan kearifan lokal yang terpelihara di desa ini.

Baca Juga: Wewe Gombel Hantu Penculik Anak, Ini Mitos dan Sejarah Asal Usulnya

Namun seiring berkembangnya jaman, acara kirab memedi sawah itu bisa dimanfaatkan sebagai komoditi pariwisata, untuk semakin mengenalkan wilayah Desa Gentungan dengan obyek wisata Embung Gentungan-nya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x