9 Fakta Makam Penguasa Orde Baru Presiden Soeharto, Pernah Diisukan Berlapis Emas

- 4 September 2022, 11:35 WIB
Pernah diisukan berlapis emas, inilah 9 fakta Astana Giri Bangun, makam penguasa Orde Baru mendiang Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien Soeharto
Pernah diisukan berlapis emas, inilah 9 fakta Astana Giri Bangun, makam penguasa Orde Baru mendiang Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien Soeharto /Tangkapan Media/

KARANGANYARNEWS – Benarkah pusara terakhir atau makam penguasa Orde Baru Presiden Soeharo yang berada di puncak bukit Giri Bangun berlapis emas?

Berikut 9 fakta makam Presiden Soeharto dan istrinya, Ibu Negara Tien Soeharto beserta keluarga di Astana Giri Bangun.

Astana Giri Bangun, makam mendiang Presiden Soeharto yang pernah diisukan berlapis emas, tetap tak pernah sepi peziarah dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Hantu Pocong Makam Presiden Soeharto, Cerita Horornya Menyeramkan

Astana Giri Bangun, dibangun semenjak penguasa Orde Baru masih hidup.   Berada di puncak gunung berketinggian 666 meter dari permukaan air laut (Mdpl) di Desa Giri Bangun, Kecamatan Mateseh, Kabupaten Karanganyar.

Lokasi tepatnya di bawah Astana Mangadeg, komplek pemakaman para raja  Pura Mangkunegaran, salah satu dinasti Kerajaan Mataram Islam yang bertahta di Surakarta.

Selain pendiri dinasti Kerajaan Pura Mangkunegaran, mendiang KGPAA Mangku Negara I, di Astana Mangadeg yang berketinggian 750 Mpdl disemayamkan juga jasad KGPAA Mangkunegara II dan KGPP Mangku Negara III, beserta keluarganya.

Baca Juga: Inilah Astana Girilayu, Makam KGPAA Mangkunegara IX

Beberapa sumber yang dihimpun KaranganyarNews,pikiran-rakyat.com menyebutkan, jauh sebelum ajal menjemput Soeharto, Presiden yang berkuasa 32 tahun ini telah berwasiat terkait tempat pembaringan terakhirnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x