Refleksi Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 106: Mentauladani 7 Maqom Reliqius Raden Mas Said

- 18 November 2023, 08:56 WIB
Refleksi Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 106; Sudahkah para pucuk pimpinan pemerintahan di Bumi Intanpari mentauladani 7 maqom reliqius Raden Mas Said berikut ini?
Refleksi Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 106; Sudahkah para pucuk pimpinan pemerintahan di Bumi Intanpari mentauladani 7 maqom reliqius Raden Mas Said berikut ini? /Ilustrasi Sendratari Raden Mas Said/ Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS- Tanggal 18 November 2023 ini, Kabupaten Karanganyar memperingti Hari Jadi  ke-106, sudahkah para pucuk pimpinan pemerintahan di Bumi Intanpari mentauladani 7 maqom reliqius Raden Mas Said, Pahlawan Nasional yang juga cikal bakal berdirinya Kabupaten Karanganyar?

 

Rentang panjang  sejarah Kabupaten Karanganyar, tak lepas dari perjuangan Raden Mas Said yang juga dikenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa, pendiri dinasti Pura Mangkunegaran Surakarta.

Mentauladani Raden Mas Said tidak hanya dari heroismenya sebagai pejuang kemerdekaan, politisi ulang dan negarawan yang difigurnya sebagai raja berbudi bawa laksana.

 Baca Juga: 9 Link Twibon Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 106: Gratis, Aplikatif Semua Medsos

Raden Mas Said  juga maestro seni budaya yang piawai mengejowantahkan filosofi falsafah religius dalam karya-karya seni dia yang sungguh monumental dan fenomenal.  

Dalam berolah seni gamelan dan gending-gending Jawa, contohnya. Selain berhasil merefleksikan esensi filosofi seni gamelan, juga gending-gending  Jawa.

Multiseni Budaya

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah