Ayam Goreng Sambal Blondho; Klangenan Presiden Jokowi Ala Mbah Karto Tembel

- 30 Januari 2022, 16:08 WIB
Olahan bumbu rempah ayam berumur empat sampai enam bulan, ditambah sambal blondhho, trancam dan lalapan lainnya. Wouw, benar-benar enak endhus endul bingit citarasanya
Olahan bumbu rempah ayam berumur empat sampai enam bulan, ditambah sambal blondhho, trancam dan lalapan lainnya. Wouw, benar-benar enak endhus endul bingit citarasanya /tangkapan Instagram/

KARANGANYARNEWS - Kesederhanaan yang melegenda. Inilah Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, kuliner khas Sukoharjo klangenan Presiden Jokowi.

Tempat bakulanya, terkesan sederhana namun bernuansa etnik Jawa. Areanya pun tidak begitu luas, sebuah rumah semi joglo hunian masyarakat desa di wilayah Solo Raya tempo dulu.

Bagian dalam rumahnya, berisi deret kursi lengkap dengan meja jadulnya. Hiasan dindingnya juga tak banyak, selain memajang foto Presiden Soekarno terdapat juga beberapa foto Presiden Jokowi, saat berada di rumah makan ini.

Baca Juga: Bothok Mercon Sragen, Pedas Gurih Manisnya Nagih Membakar Lidah  

Seharusnya, menu yang disajikan di rumah makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel tidak banyak variannya. Dari jumlah kuliner yang ditawarkan, juga bisa dibilang sederhana .

Sebagaimana labelnya, rumah makan di Jl. Jaksa Agung R. Suprapto, Jombor, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ini khusus menjual kuliner berbahan baku ayam Jawa goreng.  

Diantaranya sempalan dada, paha, kepala, dan rempelo ati. Atau boleh juga memesan satu ekor Ayam Goreng beserta nasi putih, sambal, kudapan sayuran dan minuman sesue selera pelanggan.

Baca Juga: Kitagawa Pesona Bali, Menikmati Elok Eksotiknya Pulau Dewata di Kota Gaplek

Beberapa penghobi 'kelek ilat', berburu kuliner khas nan unik saat ditemui di rumah makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, keunikan citarasa olahan di rumah makan ini pada racikan bumbu khasnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x