Mudik Lebaran di Klaten, Inilah 4 Jajanan Paling Nagih Wajib Dicicipi

- 8 Mei 2022, 07:43 WIB
Dawet Bayat dibubuhi ketan dan cendolnya berbahan pati onggok. Selain itu, citarasanya juga benar-benar khas
Dawet Bayat dibubuhi ketan dan cendolnya berbahan pati onggok. Selain itu, citarasanya juga benar-benar khas /Dok Diskominfo Klaten/

KARANGANYARNEWS - Sebagai daerah yang diapit dua kota budaya, Surakarta dan Yogyakarta, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memiliki keragaman kuliner bercitarasa khas.

Berikut 4 jajanan khas dan paling nagih yang wajib dicicipi saat kalian mudik bersama keluarga di Kabupaten Klaten;

  1. Dawet Bayat

Dawet Bayat, disebut begitu karena minuman ini memang berasal dari Bayat, salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga: 3 Keripik Khas Klaten, Renyah Gurihnya Paling Diburu Pemudik

Sebenarnya hampir tidak ada perbedaan mencolok dengan dawet di daerah lain. Dawet Bayat juga terdiri cendol, kuah santan, dan juruh atau pemanis dari gula jawa.

Sedikit bedanya, Dawet Bayat dibubuhi ketan dan cendolnya berbahan pati onggok. Selain itu, bedanya Dawet Bayat dengan Dawet dari daerah lain, terletak pada  citarasa dan tampilan saat minuman ini disuguhkan.

Dengan cendol berbahan pati ongok, cendol Dawet Bayat terasa lebih kenyal dibandingkan cendol yang berbahan tepung beras, hingga saat dilumat terasa lebih bertekstur.

Sedangkan tampilannya saat disajikan, Dawet Bayat juga paling mudah dikenali karena terlihat penampakan gradasi pada mangkok yang berefek menggugah selera.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Ini 4 Oleh-oleh Khas Klaten Paling Rekomended

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x