Mudik Lebaran, Ini 4 Oleh-oleh Khas Klaten Paling Rekomended

- 8 Mei 2022, 03:48 WIB
Semprong atau Semprongan,  kue kering yang kerap menjadi oleh-oleh
Semprong atau Semprongan, kue kering yang kerap menjadi oleh-oleh /dok resepkoki/

KARANGANYARNEWS – Kabupaten Klaten, memiliki beragam oleh-oleh bercitarasa khas yang mengingatkan kabupaten berikon ‘Bersinar’ ini.

Itulah yang membuat wisatawan dari berbagai daerah selalu ingin memborong beragam oleh-oleh khas Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah. Berikut 4 oleh-oleh khas yang wajib kalian bawa sepulang dari Klaten.

  1. Semprongan

Semprong atau Semprongan,  salah satu jenis kue kering yang kerap menjadi oleh-oleh. Dengan berbahan tepung beras, santan, gula, mentega, telur, dan kayu manis dipanaskan menjadikan kue Semprong yang renyah di lidah.

Baca Juga: Libur Lebaran, Inilah 9 Obyek Wisata Terekomended di Kabupaten Klaten

Kue tradisional berbentuk pipa silinder tipis dengan cita rasa khas dan unik ini, tetap eksis menjadi buah tangan yang diburu oleh masyakarat yang sedang berkunjung ke Klaten.

Tak heran juga masyarakat selalu memburu kue Semprong, terlebih saat momen menjelang hingga seuasai Lebaran Idul Fitri, kue kering ini diburu untuk dijadilkan buah tangan.

Kue Semprong khas Klaten ini, berbeda dengan kue Semprong produk daerah lain. Karena kue semprong khas Klaten menggunakan tepung beras dan tidak terlalu banyak menggunakan telur, seperti kue semprong yang lain sehingga membuat kue Semprong ini jadi renyahnya lebih lama.

Baca Juga: Libur Lebaran; 6 Obyek Wisata Paling Eksotik di Kabupaten Sukoharjo, Wajib Dikunjungi

Selain rasanya yang renyah lebih lama, kue Semprong khas Klaten menjadi oleh-oleh yang diburu oleh masyarakat karena harganya yang tidak mahal, satu kemasan kue Semprong dengan berat setengah kilogram, dibandrol dengan harga 35.000 ribu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x