Wisata Gunung Bromo Ditutup Sementara pada 3-4 Maret

- 1 Maret 2022, 20:23 WIB
Gunung Bromo
Gunung Bromo /Instagram

KARANGANYARNEWS - Taman wisata Gunung Bromo, Jawa Timur akan ditutup sementara oleh pihak Balai Besar TNBTS terhitung sejak Kamis hingga Jumat (3-4 Maret 2022). 

Plt Kepala Balai Besar TNBTST (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), Novita Kusuma Wardani mengatakan, kebijakan itu dikeluarkan dengan memperhatikan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor 107/Pem/PHDI-KAB/II/2022 tanggal 24 Februari 2022 perihal pemberitahuan serta hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger.

"Maka kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Kamis, pukul 00.00 WIB sampai Jumat, pukul 05.00 WIB," kata Novita, Selasa, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Waktu Tempuh KA Argo Bromo, KA Argo Wilis, KA Argo Lawu, Dan KA Argo Dwipangga Dipercepat

Novita sebagaimana dikutip dari keterangan pers-nya menambahkan, penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo itu dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi Tahun 1944 Saka/2022 Masehi, atau Pergantian Tahun Baru Saka.

Adapun penutupan wisata Gunung Bromo tersebut kata Novita, diterapkan di sejumlah jalur pintu masuk. Seperti, jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

"Kemudian jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, serta dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang," ungkapnya.

Baca Juga: Begini Catatan Lengkap Kegempaan Gunung Merapi 11-17 Februari

Untuk diketahui, Hari Raya Nyepi untuk menyambut Tahun Baru Saka. Rangkaian Hari Raya Nyepi mulai dari Melasti, Tawur Kesangan, Nyepi dan Ngembak Geni.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x