Mahasiswa Unmuh Sumbar Temukan 43 Jenis Bunga Rhizanthes Lowii di Cagar Alam Batang Palupuh

- 12 April 2022, 23:04 WIB
Mahasiswa UMSB Sumbar Rangga Agus tengah melakukan penelitian rhizanthes lowii di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Mahasiswa UMSB Sumbar Rangga Agus tengah melakukan penelitian rhizanthes lowii di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat /Resor KSDA Maninjau/Antara

KARANGANYARNEWS - Sedikitnya 43 individu bunga rhizanthes lowii ditemukan di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Temuan di kawasan cagar alam yang didirikan tahun 1930 oleh pemerintah Hindia Belanda itu, merupakan hasil penelitian yang dilakukan Rangga Agus, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

"Saya menemukan 43 bunga rhizanthes lowii itu dengan kondisi mekar lima buah dan berupa knop 38 buah," katanya di Lubukbasung, Selasa (12/4/2022).

Ia mengatakan, penelitian itu dilakukan beberapa hari dengan cara menghitung dengan mengamati akar atau inang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu yang Baru. Berikut Nama dan Profilnya

Sedangkan metodenya dengan membuat 12 plot atau petak pengamatan di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh.

"Satu plot dibuat dengan ukuran 20x20 meter persegi," katanya.

Sementara Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Maninjau, Ade Putra menambahkan rhizhanthes adalah jenis tumbuhan berbunga dan termasuk parasit sejati yang dapat tumbuh tanpa daun, batang, akar dan klorofil sehingga ia tidak mampu melakukan fotosintesis.

"Keunikan tumbuhan ini adalah endotermik dimana rhizanthes tidak hanya menghasilkan panas sendiri tetapi memiliki kemampuan dalam mengatur suhunya sendiri," katanya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x