Antisipasi Serangan Pencuri Saat Mudik. Begini Bacaan Doa dan Langkah yang Perlu Dilakukan

- 28 April 2022, 23:43 WIB
Ilustrasi pencuri membobol rumah kosong
Ilustrasi pencuri membobol rumah kosong /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Saat ditinggal mudik, rumah menjadi rawan pencurian. Karena itu perlu persiapan khusus agar rumah tidak disatroni pencuri.

Hal seperti ini memang terkadang sulit untuk dihindari. Sebab dengan ditinggalkan selama beberapa hari, maka rumah yang kosong akan menjadi sasaran empuk bagi para pencuri spesialis rumah kosong. Akibatnya berbagai barang berharga yang tersimpan di rumahpun ludes dikuras para pencuri.

Dengan tidak adanya perlengkapan keamanan yang memadai, tentunya rumah akan dengan mudah diobok-obok oleh para pencuri.

Karena itulah, agar tidak sampai menjadi korban tindak kejahatan terutama pencurian, perlu adanya berbagai persiapan sebagai langkah pencegahan.

Selain secara fisik berupa pemasangan berbagai alat pengamanan seperti kunci, pagar, CCTV ataupun alarm dan yang lainnya. Cara-cara nonfisik yang bersifat supranatural juga perlu dilakukan. Terutama bagi masyarakat Jawa yang kental dengan berbagai tradisi warisan nenek moyang.

Baca Juga: BPBD Berikan Tips Mudik Paten Agar Rumah Aman. Apa Itu Mudik Paten..?

Spiritualis Ki Lawu Maospati menjelaskan bahwa perlu pengetahuan lebih mengenai waktu-waktu yang seringkali diambil seorang pencuri dalam menjalankan aksinya.

Sebab seorang pencuri yang mumpuni akan senantiasa memperhitungkan waktu kapan dia harus beroperasi. Karena dengan begitu pekerjaan yang dilakukannya akan sangat efektif.

Dalam Kitab Primbon Betaljemur Adammakna dijabarkan dnegan jelas waktu-waktu rawan pencuri yang harus diwaspadai.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x