Presiden Jokowi Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal, Puncak Arus Balik 6 - 8 Mei

- 3 Mei 2022, 22:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /BPMI Setpres

KARANGANYARNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran untuk kembali lebih awal. Pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

“Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei.

Hindari kepadatan arus balik agar semua nyaman di perjalanan dengan kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin tempat kerja,” kata Presiden Jokowi di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa, (3/5/2022).

Baca Juga: Nge Trip Asyik di 4 Jalur Mudik

Menurut Jokowi, pemerintah sudah menyiapkan aturan perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Hal itu dilakukan demi kenyamanan di perjalanan.

“Kebijakan ganjil-genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk ke jalan tol nanti akan kembali diberlakukan,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebelumnya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan balik ke Jabodetabek dalam waktu bersaamaan.

Baca Juga: Hati Hati di Jalan, Ini Jumlah Kecelakaan dan Korban Meninggal Dunia selama Arus Mudik

“Kalau semua pulang di akhir libur panjang atau tanggal 6, 7, dan 8 Mei, kepadatan lalu-lintas akan meningkat. Ini harus diantisipasi,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Dikutip dari Antara, Jasa Marga atas diskresi kepolisian kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek. Ruas jalan tol itu sebelumnya sempat ditutup akibat kecelakaan beruntun.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah