Satupena Diskusikan Revitalisasi Alun Alun, Gunoto; Jangan Abaikan Ruang Budaya

- 23 Mei 2022, 02:36 WIB
Diskusi Revitalisasi Alun-alun Kota Semarang dari Perspektif Kebudayaan yang akan digelar Satupena Jateng dan Pemkot Semarang,  Selasa 24 Mei 2022
Diskusi Revitalisasi Alun-alun Kota Semarang dari Perspektif Kebudayaan yang akan digelar Satupena Jateng dan Pemkot Semarang, Selasa 24 Mei 2022 /Dok Satupena Jateng/

KARANGANYARNEWS - Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Jawa Tengah, akan mendiskusikan  Revitalisasi Alun-Alun Kota Semarang dari Perspektif Kebudayaan.

Agenda Satupena Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang ini, akan berlangsung Selasa 24 Mei 2022 pukul 09-11.00 Wib di Gedung Oudetrap, Jalan Taman Srigunting, Kota Lama, Semarang.

Diskusi yang akan dipandu Bendahara Umum Satupena Jawa Tengah, Jayanto Arus Adi ini akan menghadirkan nara sumber Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Umum Satupena Pusat Denny JA dan Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo.

Baca Juga: NPPN Belum Jadi Solusi, Satupena Jateng Desak Pemerintah Hapus Pajak Penulis

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah, Gunoto Saparie mengatakan Pemkot Semarang telah melakukan revitalisasi Alun-Alun Kota Semarang, berada di sebelah barat kawasan Pasar Johar, tepatnya dan di depan Masjid Agung Kauman.

Alun-alun ini tahun 1980-an dihilangkan, di era Walikota Iman Soeparto djadikan area perdagangan. Meski menua protes sejumlah sejarawan dan budayawan, diantaranya Amen Budiman dan Sussatyo Darnawi, ketika itu terabaikan.

Menurut Gunoto Saparie, Alun-Alun Kota Semarang sebagaimana Alun-Alun di kota lain di Jawa, memiliki nilai historis panjang. Baik perkembangan bentuk fisiknya, demikian aktivitas yang dilakukan masyarakatnya.

Baca Juga: Pengurus Satupena Jateng Deklarasikan Anti Plagiat dan Pembajakan

Namun demikian, perkembangan kota yang didominasi aktivitas perdagangan membuat kebutuhan ruang aktivitas bisnis kian meningkat pesat.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x