Cegah Konflik, Para Tokoh Masyarakat di Sulawesi Selatan Tanda Tangani Deklarasi Damai

- 5 Juni 2022, 23:55 WIB
Penandatanganan Deklarasi Perdamaian bersama dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Penandatanganan Deklarasi Perdamaian bersama dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. /Dok Humas Polres Bantaeng/

KARANGANYARNEWS - Deklarasi Damai digelar oleh jajaran Polres Bantaeng, Sulawesi Selatan sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dalam acara itu diikuti pula dengan aksi penanaman ribuan pohon kelapa.

Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara melalui keterangannya pada Minggu (5/6/2022), menjelaskan bahwa aksi menanam pohon merupakan wujud saling memaafkan.

"Bibit permusuhan dan pertikaian kita kubur bersama-sama di tempat ini. Setelah itu, akan tumbuh kebaikan-kebaikan yang beberapa tahun kemudian akan menjadi amal jariyah buat kita semua," jelas dia.

Baca Juga: Ngeri..! Tak Cuma Asapnya, Ternyata Puntung Rokok Juga Berbahaya. Ini Penjelasannya

Deklarasi Damai ini diperuntukkan bagi dua kelompok pemuda yang berasal dari Be'lang dan Cabodo, mereka dikumpulkan untuk bersama-sama mendeklarasikan Bantaeng damai.

Sekedar diketahui, dua kelompok ini baru saja berseteru, beberapa waktu lalu. Seorang di antaranya dilaporkan tewas terkena busur.

"Deklarasi Damai ini adalah bagian dari upaya pencegahan tindak kriminalitas jalanan demi menjaga kedamaian di Bantaeng," tambah Andi Kumara.

Sementara Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin mengatakan Deklarasi Damai ini juga menjadi bagian dari wujud komitmen bersama untuk Bantaeng yang lebih baik dari hari ini.

Baca Juga: Perlunya Regulasi Tembakau Alternatif untuk Kepastian Hukum Bagi Perokok yang Tidak Menghisap Rokok

Dia berpesan agar semua anak-anak muda di Bantaeng tetap melakukan aktivitas yang produktif dan ikut serta dalam menjaga kedamaian di daerah itu, apalagi mengingat pandemi COVID-19 belum selesai.

"Sudah dua tahun kita dilanda pandemi COVID-19. Kita tidak bisa berbuat banyak hal. Saya minta agar dijaga ini kedamaian di daerah kita, agar semua bisa beraktifitas secara produktif," katanya.

Ilham tidak lupa mengingatkan anak muda Bantaeng bahwa mereka semua bersaudara, tidak boleh ada pertikaian dan berharap anak-anak muda terus menebarkan kebaikan dan tidak melakukan tindak kriminalitas.

"Kalau tercipta suasana yang tidak aman, yang rugi pasti adalah kita sendiri. Ayo beraktivitas yang bisa membuat orang banyak tersenyum, bukan membuat orang menjadi menangis," ajak Ilham.***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x