Doa untuk Indonesia dan Ganjar Pranowo Bergema di Berbagai Pelosok Negeri

- 29 Oktober 2022, 16:05 WIB
Prosesi ritual menyatukan tanah dan air dari candi-candi di Blitar Raya dan doa bersama di Makam Bung Karno yang digelar berbagai elemen masyarakat
Prosesi ritual menyatukan tanah dan air dari candi-candi di Blitar Raya dan doa bersama di Makam Bung Karno yang digelar berbagai elemen masyarakat /

KARANGANYARNEWS – Doa untuk Indonesia dan Ganjar Pranowo dilantunkan jutaan warga dan bergema di berbagai pelosok negeri, Jumat 28 Oktober 2022 pagi hingga malam harinya.

Tak hanya di Puncak Gunung Tidar Magelang, Jawa Tengah. Doa untuk Indonesia dan Ganjar Pranowo yang berulang tahun tanggal 28 Oktober, juga mengema dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan lainnya.

Di Jawa Timur, acara doa bersama untuk Indonesia dan Ganjar Pranowo digelar di Makam Bung Karno. Di tempat itu, ratusan orang dari berbagai unsur masyarakat berkumpul melingkari makam bapak proklamator di Blitar, Jawa Timur untuk berdoa berjamaah.

Baca Juga: Ribuan Bregada dan Masyarakat Gelar Doa Bersama di Tugu Jogjakarta

Selain di Makam Bung Karno, acara juga digelar di Lamongan dengan ratusan peserta yang hadir. Mereka menggelar acara di tengah sawah. Sementara di Kota Malang, acara digelar di Punden Sentono, Lowok Waru.

“Sebelum doa bersama di makam Bung Karno, kami juga menggelar ritual jalan kaki dari beberapa candi di Blitar Raya. Candi-candi itu merupakan tempat petilasan dan penyimpanan abu jenazah para raja-raja Jawa,” kata koordinator acara doa bersama di makam Bung Karno, Upi Suprianto.

Menurut Upi, dalam acara jalan kaki dari candi ke candi ini pesertanya para kader senior PDIP, tokoh masyarakat, tokoh agama, relawan dan masyarakat umum membawa tanah dan air untuk kemudian disatukan di makam Bung Karno. Makam Bung Karno, mereka yakini sebagai pusatnya Blitar Raya.

Baca Juga: Ulang Tahun di Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Pranowo Kebanjiran Ucapan Puluhan Selebriti Papan Atas

“Sesampainya di makam Bung Karno kami menyatukan tanah dan air dengan prosesi ritual. Kami berharap, ketika punden raja-raja Jawa bersatu ditambah Bung Karno, kita berdoa agar Mas Ganjar Pranowo menjadi penerus memimpin bangsa Indonesia,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x