Ribuan Bregada dan Masyarakat Gelar Doa Bersama di Tugu Jogjakarta

- 29 Oktober 2022, 07:05 WIB
Ribuan bregada berpakaian ala prajurit Keraton Kasultanan dan masyarakat Jogjakarta memenuhi kawasan Tugu Golong Gilig, Jumat 20 Oktober 2022
Ribuan bregada berpakaian ala prajurit Keraton Kasultanan dan masyarakat Jogjakarta memenuhi kawasan Tugu Golong Gilig, Jumat 20 Oktober 2022 /Foto Dok/ Doa Indonesia/

KARANGANYARNEWS - Ribuan bregada berpakaian ala prajurit Keraton Kasultanan dan masyarakat Jogjakarta memenuhi kawasan Tugu Golong Gilig, Jumat 20 Oktober 2022.

Rombongan bregada prajurit dan masyarakat Jogjakarta berjalan dari empat penjuru mata angin, menuju tugu pal putih yang lebih dikenal dengan sebutan Tugu Jogja tersebut.

Mengenakan pakaian ala prajurit kerajaan Kasultanan Jogjakarta dan musik pengiring, mereka berbaris rapi dan berjalan rampak, membuat pertunjukan seni yang sangat menarik perhatian warga masyarakat.

Baca Juga: Yenny Wahid Siap Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Para bregada baik prajurit laki-laki maupun srikandi atau prajurit perempuan tampil all out, selain mengenakan seragam khas bregada mereka juga membawa senjata khas seperti tombak dan panah.

Sementara di belakang bregada, ribuan masyarakat Jogja berjalan dengan membawa spanduk bertuliskan 'Satu Doa untuk Mas Ganjar dan Indonesia'.

Para bregada kemudian menggelar ritual di Tugu Jogja, mereka menggelar doa bersama dan pemotongan tumpeng untuk mangayubagyo ulang tahun Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ke-54 hari ini.

Baca Juga: Keren, Denny Caknan dan Ganjar Pranowo Sempurnakan Dieng Culture Festival

“Kami berkumpul di sini untuk melakukan umbul dunga mendoakan supaya Indonesia tentram, damai dan sejahtera. Sekaligus kami memperingati hari Sumpah Pemuda dan mangayubagyo ulang tahun mas Ganjar Pranowo," kata Ketua Lembaga Kebudayaan Jawa, Bambang Nursidik.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x