Dilelang Rp 1,1 Juta Perbiji, Inilah Alpukat Rifai yang Dipromosikan Go Internasional

- 23 Oktober 2022, 13:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Abdul Rifai, menunjukkan buah alpukat Rifai yang pernah dilelang Rp 1,1 juta perbiji
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Abdul Rifai, menunjukkan buah alpukat Rifai yang pernah dilelang Rp 1,1 juta perbiji /Humas Pemprof Jateng/

KARANGANYARNEWS – Buah alpukat Rifai hasil budidaya petani Kabupaten Kendal ini dilelang Rp 1,1 juta perbiji, berikut sederet keistimewaannnya.  

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempopulerkan buah alpukat Rifai yang dikembangkan kelompok tani Bina Karya Bedono, Kecamatan Boja, Kendal.

Politikus berambut putih ini mendorong produk alpukat Rifai dapat segera di ekspor keluar negeri. Dia berharap, pangsa pasar alpukat Rifai menjangkau pangsa pasar go internasional.

Baca Juga: Es Krim Alpukat Susu Bikin Melayang, Begini Cara Membuatnya

Dalam kunjungan dan pertemuannya dengan kelompok Bina Karya Bedono tadi, Gubernur Ganjar Pranowo juga meninjau lokasi pengembangan dan mencicipi kenikmatan alpukat Rifai.

“Sebenarnya kita mulai ngecek, kalau kita mau bicara ketahanan pangan, produk lokal kita gak kalah. Hari ini kita melihat alpukat. Ada Pak Rifai peneliti dan pengembangnya hasilnya sangat bagus sekali," kata Ganjar Pranowo.

Disebutkan, keistimewaan alpukat Rifai selain memiliki postur yang lebih besar dagingnya buahnya juga sangat tebal, dibandingkan alpukat jenis lain yang selama ada ada di berbagai daerah lain.

Baca Juga: Tradisi Yaqowiyyu Tebar Kue Apem 4 Ton, Ganjar Pranowo: Ritual Doa Pelepas Segala Kesulitan Hidup

Dia mengaku sangat mengapresiasi keberhasilan pengembangan budidaya buah alpukat ini, selain hasil produknya sangat bagus harga jualnya pun tinggi.  Bahkan, alpukat Rifai pernah dilelang seharga Rp 1,1 juta perbiji atau setiap buahnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x