Muslim Wajib Tahu: 11 Larangan Ibadah Kurban, Dilengkapi Dalilnya

- 28 Juni 2023, 14:31 WIB
11 larangan saat ibadah kurban, umat muslim wajib tahu dan perlu diperhatikan agar ibadahnya dapat benar-benar khidmat
11 larangan saat ibadah kurban, umat muslim wajib tahu dan perlu diperhatikan agar ibadahnya dapat benar-benar khidmat /Ilustrasi/ Pixabay/ mufidpwt/PIXABAY/mufidpwt

KARANGANYARNEWS - Idul Adha, identik dengan Hari Raya Kurban. Saatnya umat muslim seluruh dunia menyembelih hewan piaraan dan membagi-bagikan dagingnya kepada sesama umat yang berhak menerimanya, sesudah menjalani Sholat Idul Adha hingga seusai hari tasyrik.

 

Dalam syariat agama Islam disebutkan, mengorbankan hewan piaraan dalam moment Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu bentuk bukti rasa syukur kepada Allah, sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran berikut ini:

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).” (QS. Al-Kausar: 1-3)

 Baca Juga: Haruskah Sohibul Kurban Menyaksikan Penyembelihan? Catat, Inilah Syariatnya

Agar ibadah kurban umat muslim diterima Allah, sesuai syariat atau tata cara ibadah kurban tentu ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dijalani dan ada juga beberapa ketentuan yang tidak diperbolehkan atau dilarang.

Berikut 11 larangan yang tidak boleh dilakukan dalam melaksanakan ibadah kurban, menyembeleh hewan ternakan dalam momentum Hari Raya Idul Adha, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari yatimmandiri.org dan berbagai sumber lainnya:

  1. Memotong Kuku dan Rambut

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x