Inilah Jawab Gus Baha, Harus Mendahulukan Buka Puasa Ramadhan atau Sholat Maghrib?

- 4 April 2023, 02:05 WIB
Harus mendahulukan buka puasa Ramadhan atau sholat magrib? Inilah jawaban dan penjelasan Gus Baha
Harus mendahulukan buka puasa Ramadhan atau sholat magrib? Inilah jawaban dan penjelasan Gus Baha /pexels thirdman/

KARANGANYARNEWS - Bulan Ramadhan seluruh umat Islam khusuk menjalani ibadah wajib maupun berbagai amalan yang bersifat sunah. Baik fardlu Ramadhan, sholat fardlu lima waktu, sholat taraweh, tadarus Alquran dan lainnya.

Tak kalah pentingnya, terkait buka puasa dan makan sahur yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Bukan hanya menu makanan yang harus disajikan, tapi juga syariat buka puasa maupun sahur dalam ibadah puasa Ramadhan.

Buka puasa Ramdhan yang secara kebetulan waktunya bersamaan dengan sholat maghrib, menjadi pertanyaan paling tranding umat Islam karena sering menimbulkan keraguan.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Ramadhan Hari KE-13: Allah Mencatat Setinggi Pahala Ibadah Penduduk Mekah Madinah

Pertanyaan yang sering mencuat dalam berbagai kajian Islami, demikian juga berbagai lini media sosial selama bulan Ramadhan, syariatnya harus lebih mendahulukan buka puasa Ramadhan atau sholat maghrib?

Menjawab pertanyaan tersebut KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang lebih akrab disapa Gus Baha menjelaskan, mulai dari Nabi Ibrahim pun sebenarnya telah diperjelas jawabannya.

"Supaya mereka salat, karena mereka manusia cobalah beri mereka uang dan makan agar ia kuat salat," kata Gus Baha mengutip risalah Nabi Ibrahim dalam ceramahnya terkait jawaban pertanyaan harus mendahulukan buka puasa Ramdhan atau sholat maghrib terlebih dahulu.

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari ke-14, Rabu 05 April 2023: Memohon Terhindar Bencana dan Malapetaka

Ulama ahli tafsir Alquran di Rembang, Jawa Tengah, ini juga menjelaskan, dalam sejarahnya Nabi Ibrahim Alaihi Salam mendoakan masyarakat Mekah agar punya uang untuk makan dan dapat mendirikan sholat.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x