Inilah Jawaban dan Dalilnya, Apakah Donor Darah dan Bekam Membatalkan Puasa Ramadhan?

- 1 April 2023, 03:05 WIB
Terdapat sejumlah syariat yang diperbolehkan atau tidak dalam menjalankan puasa Ramadhan, termasuk salah satunya bekam dan donor darah
Terdapat sejumlah syariat yang diperbolehkan atau tidak dalam menjalankan puasa Ramadhan, termasuk salah satunya bekam dan donor darah /Ilustrasi/ Unsplash/ LuAnn Hunt/Unsplash/LuAnn Hunt

KARANGANYARNEWS – Syariat menjalani ibadah fardlu puasa Ramadhan tak hanya terkait larangan makan, minum dan mengekang hawa nafsu di siang hari. Terdapat juga sejumlah syariat lain yang diperbolehkan atau tidak, selama umat Islam menjalankan puasa Ramadhan.

Termasuk diantaranya, donor darah atau menyumbangkan darah kepada orang lain dan bekam yang dilakukan muslim serta muslimat di siang hari saat yang bersangkutan menjalani ibadah fardlu puasa Ramadhan.

Melakukan donor darah dan atau bekam siang hari saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, apakah membatalkan puasa wajibnya? Berikut  jawabnya, dilengkapi sejumlah dalil shokeh sesuai hukum atau syariatnya.

Baca Juga: Mohon Dijauhkan Api Neraka: Doa Puasa Ramadhan Hari Kesebelas, Minggu 02 April 2023

Islam sangat fleksibel dan meberikan banyak petuah serta pedoman terkait apa yang dilarang dan yang diperbolehkan dalam menjalankan syariat agama. Termasuk diantaranya, terkait donor darah dan bekam.

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari portal dalamislam.com, disebutkan terdapat 3 hadist yang dijadikan dalil terkait donor darah dan bekam yang dilakukan umat Islam selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, ketiga hadist tersebut sebagai berikut:

وَيُرْوَى عَنِ الْحَسَنِ عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مَرْفُوعًا فَقَالَ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ

Diriwayatkan dari Al Hasan dari beberapa sahabat secara marfu’ (sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). Beliau berkata, “Orang yang melakukan bekam dan yang dibekam batal puasanya.” (Hadits ini juga dikeluarkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah dan Ad Darimi. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ no. 931 mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Baca Juga: Allah SWT Mengkabulkan 70.000 Doa: Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Kesepuluh, Sabtu 01 April 2023

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x