5 Keutamaan Puasa Ramadhan Teruntuk Anak: Satu Diantaranya, Menempa Iman dan Taqwa

- 29 Maret 2023, 02:35 WIB
Terdapat sederet keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak, 5 diantaranya sebagaimana dijelaskan berikut ini
Terdapat sederet keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak, 5 diantaranya sebagaimana dijelaskan berikut ini /Pexels @TimurWeber/

KARANGANYARNEWS – Bulan Ramadhan moment yang tepat teruntuk menanamkan keimanan, ketaqwaan dan aklakul karimah kepada anak-anak. Terdapat sederet keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak, 5 diantaranya sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Kelahiran anak selain merupakan amanah dan karunia dari Allah SWT, juga sebagai ujian teruntuk kedua orangtuanya.  Lulus dan tidaknya ujian dari Allah SWT tadi, tergantung bagaimana kedua orang tua mengarahkan menjadi sholeh dan sholehah, serta mengikuti syariat Allah SWT atau tidak.

Anak-anak yang belum baligh menurut syariat Islam memang belum diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, baik secara fisik maupun pemahaman agama mereka memang belum mampu untuk menjalankan ibadah fardlu tersebut.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ketujuh, Allah SWT Menjanjikan Surga Naim dan Pahala 1000 Syuhada

Namun demikian, bukan berarti bulan Ramadhan tidak ada manfaatnya bagi anak-anak. Bulan Ramadhan, justru akan menjadi salah satu jalan untuk banyak memberikan pelajaran mengenai agama Islam kepada anak-anak.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al Kahfi 18 : 46, “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Sebagaimana dilansir dan dirangkum KaranganyarNews.com dari kanal dalamislam.com, berikut 5 diantara sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak:

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari Kedelapan, Kamis 30 Maret 2023: Memohon Mengasihi Anak Yatim dan Orang Miskin

  1. Melatih Iman dan Taqwa

Rasa iman akan timbul jika dibiasakan, jika sejak kecil telah ditanamkan mengenai keindahan mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka sejak usia dini juga mereka akan menyadari jikalau ketenangan hati bisa didapatkan dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangannya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x