Warga Muhammadiyah Wajib Tahu, Inilah 6 Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid

- 24 Maret 2023, 01:35 WIB
Inilah 6 keutamaan puasa Ramadhan masing-masing dilengkapi dalilnya, menurut majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah
Inilah 6 keutamaan puasa Ramadhan masing-masing dilengkapi dalilnya, menurut majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah /Foto/Pexels/imad clicks

KARANGANYARNEWS - Puasa Ramadhan mempunyai kedudukan yang sangat agung. Berikut keutamaan melaksanakan puasa secara umum dan puasa Ramadan secara khusus.

Sebagaaimana dilansir KaranganyarNews.com dari buku 'Paham Hisab Muhammadiyah dan Tuntunan Ibadah Bulan Ramadan' diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, disebutkan terdapat enam keutamaan puasa secara umum dan puasa Ramadhan secara khusus.

Keedam kutamaan tersebut diantaranya  Diampuni Dosa-dosanya Masa Lalu, Dilipatgandakan Pahalanya Tanpa Batas, Meraih Kegembiraan Duniawi dan Ukhrawi, Dijauhkan Api Neraka, Meraih Keistimewaan Syurga, dan Dibukakan Pintu Langit.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadan Lengkap dengan Artinya, Sebaiknya Dibaca Sekali atau Setiap Hari?

Berikut penjelasan selengkapnya, masing-masing rincian dari keenam keutamaan puasa tersebut dilengkapi dalilnya, sebagaimana dijelaskan dalam buku 'Paham Hisab Muhammadiyah dan Tuntunan Ibadah Bulan Ramadan' diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah:

  1. Diampuni Dosa-dosanya Masa Lalu

Orang yang menjalankan puasa Ramadan dengan penuh kesadaran iman dan pengharapan terhadap Allah, serta mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan menjaga dirinya sebagaimana mestinya, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: "Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan dengan penuh kesadaran iman dan pengharapan (terhadap Allah) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR al-Bukhori dan Muslim).

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Menjemput Isyarat Keajaiban Allah dengan Doa

  1. Dilipatgandakan Pahalanya Tanpa Batas

Setiap umat Islam yang menjalankan puasa Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah secara tanpa batas, apabila dilaksanakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x