Kawatir Kumur Saat Berwudhu Membatalkan Puasa Ramadhan? Catat, Inilah Syariatnya

- 2 April 2023, 03:35 WIB
Bagaimana syariat berkumur-kumur dalam berwudhu pada siang hari di bulan Ramadhan, agar tidak membatalkan ibadah farslu puasanya?
Bagaimana syariat berkumur-kumur dalam berwudhu pada siang hari di bulan Ramadhan, agar tidak membatalkan ibadah farslu puasanya? /Pexels/

KARANGANYARNEWS - Syariat berkumur dalam berwudhu harus bersungguh-sungguh, dimaksud berkumur secara kuat dan kencang. Itulah yang dikhawatirkan banyak pihak menyebabkan batalnya puasa Ramadhan.

Tak hanya itu, tidak sedikit juga umat Islam yang mempertanyakan bagaimana berkumur untuk berwudhu pada siang hari di bulan Ramadhan, agar tidak membatalkan puasa?  

Sebagaimana diketahui, selain niat yang bersungguh-sungguh salah satu sunnah dalam mengambil wudhu adalah berkumur beberapa kali atau sering disebut berkumur-kumur.

Baca Juga: Kaum Muslim Wajib Tahu: 8 Amalan Bulan Ramadhan, Penghapus Dosa Masa Lalu

Namun demikian, melakukan sunnah berkumur sungguh-sungguh ketika menjalankan ibadah puasa disebutkan tidaklah diwajibkan, seperti amalan saat puasa Ramadhan.

Karena pengertian bersungguh-sungguh dalam berkumur dalam berwudlu adalah berkumur secara kuat dan kencang, dikhawatirkan akan menyebabkan puasa hamba Allah SWT tersebut nantinya batal, sebagaimana penjelasan berikut ini:

أَمَّا الصَّائِمُ فَلَا تُسَنُّ لَهُ الْمُبَالَغَةُ بَلْ تُكْرَهُ لِخَوْفِ الْإِفْطَارِ كَمَا فِي الْمَجْمُوعِ

“Adapun orang yang berpuasa maka tidak disunnahkan untuk bersungguh-sungguh dalam berkumur karena khawatir membatalkan puasanya sebagaimana keterangan yang terdapat dalam kitab al-Majmu`”. (Lihat Zakariya al-Anshari, Asna al-Mathalib Syarh Raudl ath-Thalib, Bairut-Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, cet ke-1, 1422 H/2000 M, juz, 1, h. 39)

Baca Juga: Tertidur dan atau Lupa Baca Niat, Batalkah Puasa Ramadhan yang Dijalani?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x