Wajib Tahu dan Dicatat, Inilah 3 Risalah Agar Doa Dikabulkan di Malam Lailatul Qadar

- 1 April 2023, 03:35 WIB
Malam Lailatul Qadar, diyakini umat muslim penuh keberkahan dan kemuliaan yang dianugerahkan Allah SWT kepada umat-Nya
Malam Lailatul Qadar, diyakini umat muslim penuh keberkahan dan kemuliaan yang dianugerahkan Allah SWT kepada umat-Nya /Pexels /hirdman/Pexels/Thirdman

KARANGANYARNEWS – Menjelang malam Lailatul Qadar, agar mendapatkan keberkahan umat muslim yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan disarankan memperbanyak amalan doa-doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Lalatul Qadar  merupakan malam kemuliaan, walaupun tidak diketahui kepastina kapan turunnya, Rasulullah SAW dalam sabdanya malam Lailatul Qadar diyakini terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Yaitu pada malam-malam ganjil malam ke 21, 23, 25, 27, dan malam ke29.

Malam ituah yang sangat diyakini umat muslim banyak keberkahan yang diturunkan Allah SWT, teruntuk yang bersungguh-sungguh berdoa meminta ampunan dan memohon keberkahan-Nya.

Baca Juga: Inilah Jawaban dan Dalilnya, Apakah Donor Darah dan Bekam Membatalkan Puasa Ramadhan?

Menurut Prof. Quraish Shihab sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari berbagai sumber, kata Qadar memiliki 3 makna seperti dalam penggunaanya dalam Alquran.

  1. Malam penetapan Allah SWT bagi Perjalanan Hidup Manusia

Dalam Alquran surat Ad-Dukhan ayat 3-5 juga dijeakan tentang pengertian malam Lailatul Qadar, yaitu tentang penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.

“Sesungguhnya kami menurunkan Alquran pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah yang mengutus rasul-rasul.”

Baca Juga: Lupa Baca Niat, Batalkah Puasa Ramadhan? Wajib Tahu, Inilah Syariatnya

  1. Malam Penuh Kemuliaan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat mulia, karena di malam ini diturunkannya Al Qur’an. Seperti di jelakan dalam Al Qur’an surat Al Anam ayat 91.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x