Lupa Baca Niat, Batalkah Puasa Ramadhan? Wajib Tahu, Inilah Syariatnya

- 1 April 2023, 02:35 WIB
Niat dalam segala amal perbuatan itu hukumnnya wajib, termasuk diantaranya dalam menjalankan ibadah fardlu puasa Ramadhan
Niat dalam segala amal perbuatan itu hukumnnya wajib, termasuk diantaranya dalam menjalankan ibadah fardlu puasa Ramadhan /Unsplash.com

KARANGANYARNEWS - Dalam syariat Islam, niat dalam segala amal perbuatan itu hukumnnya wajib. Termasuk diantaranya, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bagaimana jikalau lupa membaca niat, batalkah ibadah puasa Ramadhan yang dijalaninya?

Ibadah puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, disyariatkan diawali dengan niat dan makan sahur sebelum fajar dan niat berbuka puasa ketika waktu magrib telah tiba.

Itulah sebabnya, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dianjurkan untuk membaca niat. Dalam puasa fardhu, niat puasa Ramadhan itu hukumnya wajib. Berniatlah pada puasa, namun niat juga tidak harus  diucapkan dengan lisan.

Baca Juga: Suami Istri Berciuman Siang Hari di Bulan Ramadhan, Batalkah Puasa Keduanya?

Namun demikian, sebagian orang sering juga lupa hingga menimbulkan  keraguan. Apa sudah mengucapkan atau melafalkan niat puasa wajib atau belum?

Menurut Ustad abdul Somad, sebagaimana dilansir KaranganyrNews dari laman dalamIslam.com, jikalau mengalami keraguan seperti itu sebaiknya orang tersebut mengucapkan niat puasa lagi. Bahkan, membaca niat puasa Ramadhan dengan dinyanyikan juga  dianggap sah.

Adapun bacaan niat puasa wajib yang dimaksud, disebutkan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x