Satu Diantaranya Menspirit Amal Ibadah, Inilah 5 Keutamaan Puasa Ramadhan Teruntuk Anak

- 30 Maret 2023, 02:05 WIB
Bulan Ramadhan moment yang paling tepat teruntuk menanamkan keimanan, ketaqwaan dan aklakul karimah kepada anak-anak
Bulan Ramadhan moment yang paling tepat teruntuk menanamkan keimanan, ketaqwaan dan aklakul karimah kepada anak-anak /Instagram darunnajahcipining /

KARANGANYARNEWS - Kelahiran anak selain merupakan amanah dan karunia dari Allah SWT, juga sebagai ujian teruntuk kedua orangtuanya.  Lulus dan tidaknya ujian, tergantung bagaimana kedua orang tua mengarahkan menjadi sholeh dan sholehah serta mengikuti syariat Allah SWT atau tidak.

Sebagaimana dilansir dan dirangkum KaranganyarNews.com dari kanal dalamislam.com, berikut 5 diantara sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak:

  1. Melatih Sedekah

Pembelajaran tolenremsi kepada anak-anak di bulam Ramadhan, sebagaimana dijelaskan dalam artikel KaranganyarNews.com sebelumnya, secara langsung juga mengajarkan anak-anak berbagi atau sedekah.

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa Ramadhan Teruntuk Anak: Satu Diantaranya, Menempa Iman dan Taqwa

Dengan belajar sedekah, menyadarkan rasa syukur kepada anak-anak bahwa dia beruntung karena memiliki banyak rezeki dari Allah SWT dan harus ikhlas membagika sebagian rezekiya kepada anak-anak lain yang membutuhkan. Dengan demikian, kelak setelah dewasa dia tidak akan pelit dan kikir.

  1. Membiasakan Shalat Tarawih

Jangan lupa ajak anak-anak untuk menjalankan shalat tarawih semampu dia, agar terbiasa melakukan hal tersebut setiap bulan Ramadhan dan tidak merasa keberatan setelah dewasa kelak.

Jelaskan juga jikalau shalat tarawih adalah shalat yang istimewa, hanya ada setiap bulan Ramadhan yang pahalanya berlipatganda, agar anak-anak mau mejalankannya sesuai batas kemampuannya karena tidak ada kesempatan lain kecuali di bulan Ramadhan.

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa Ramadhan untuk Anak: Satu Diantaranya, Membekali Kesuksesan Hidup Dunia Akhirat

  1. Menanamkan Rasa Cinta Bulan Ramadhan

Ketika anak-anak mengetahui seluruh amalan, khususnya di bulan Ramadhan sangatlah banyak dan tidak terdapat kemuliaan yang setara dengan bulan yang lain, dia akan tumbuh rasa kecintaannya terhadap bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x