Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka Lagi saat Festival, Ini Jadwalnya

- 11 Maret 2022, 19:59 WIB
Pendaki Gunung Rinjani, NTB
Pendaki Gunung Rinjani, NTB /Instagram @AyoKeRinjani

KARANGANYARNEWS - Kabar gembira bagi para pendaki yang ingin mendaki ke puncak Gunung Rinjani. Pasalnya, jalur pendakian di gunung yang terletak di Pulau Lombok, NTB (Nusa Tenggara Barat) itu bakal dibuka lagi setelah tutup sejak tahun baru lalu karena cuaca ekstrem.

Informasi yang diperoleh dari keterangan tertulis menyebutkan, jalur pendakian Gunung Rinjani bakal dibuka lagi pada 16 Maret 2022. Informasi tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah.

Sitti dalam keterangan tersebut menyampaikan pula pengumuman yang menyebutkan bahwa pembukaan kembali jalur pendakian itu bertepatan pada event Festival Rinjani.

Baca Juga: Gunung Merapi Kian Sering Erupsi, Warga dan BPBD Intensifkan Siaga Malam

"Kita siapkan sistem pendakian yang berkelas dunia dari sisi protokol kesehatan, keamanan, (penanganan) sampahnya. Mudah-mudahan Gunung Rinjani semakin lestari," kata Sitti sebagaimana dilansir KaranganyarNews dari AntaraNews.

Lebih lanjut Sitti juga meminta agar warga menjaga kebersihan dan keasrian kawasan gunung setelah jalur pendakian Rinjani dibuka kembali.

Adapun jalur pendakian Gunung Rinjani yang dibuka meliputi jalur Senaru dan Torean di Lombok Utara, jalur Sembalun, Timbanuh, dan Tetebatu di Lombok Timur, serta jalur Aik Berik di Lombok Tengah.

Baca Juga: Tips Jitu agar Tak Alami Hipotermia saat Naik Gunung

Pendaftaran pendakian mulai dibuka tanggal 12 Maret 2022 dan pendakian baru boleh dilakukan pada 16 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x