7 Serba-serbi Festival Port Numbay 2022, yang Bisa Menambah Cinta Budaya

- 20 Mei 2022, 21:33 WIB
Salah satu tari lokal di Jayapura
Salah satu tari lokal di Jayapura /Tangkapan layar : indonesia.travel/

KARANGANYARNEWS - Ada ribuan suku bangsa di Indonesia, artinya negeri ini memiliki ribuan tradisi, budaya, adat istiadat, makanan khas, sejarah dan sebagainya yang wajib untuk dilestarikan agar tidak punah.

Festival Port Numbay 2022, merupakan salah satu contoh festival daerah yang bertujuan untuk mengembangkan, mengenalkan serta memupuk kecintaan pada budaya lokal.

Festival yang pertama kalinya dilaksanakan tahun 2011 ini, akan diselenggarakan Sabtu (21/5/2022) hingga Senin (23/5/2022), mulai pukul 19.00 WITA, dan dapat diikuti melalui Live Streaming di kanal YouTube Dinas Pariwisata Kota Jayapura.

Berikut 7 serba-serbi tentang Festival Port Numbay 2022, yang dilansir dari Instagram @kemenparekraf.ri dan laman indonesia.travel.

1. Kawasan Wisata Baru

Ada banyak kampung wisata di Jayapura, Papua yang memiliki keunikan budaya dan tradisi, yang belum diketahui banyak orang, seperti Kampung Tobati dan Kampung Enggros, yang berada di kawasan wisata baru bernama Hmensauw, yang sudah dilengkapi infrastruktur sarana pariwisata.

2. Kolaborasi

Untuk mengembangkan pariwisata, serta melestarikan budaya, Pemerintah Kota Jayapura menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi melahirkan Festival Port Numbay 2022, yang berfokus pada Explore T'badic.

3. Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Tak hanya melestarikan seni budaya khas masyarakat Port Numbay, festival ini juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi serta membuka lapangan kerja, melibatkan pelaku UMKM, seniman, sanggar, juga masyarakat lokal.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x