Begini hasil Deteksi Kebohongan Terhadap Istri Ferdy Sambo

- 8 September 2022, 00:20 WIB
Putri Candrawati yang diduga menjalani hubungan cinta dengan Kuat Maruf, adegan tidur yang dilakukan istri Ferdy Sambo saat rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J
Putri Candrawati yang diduga menjalani hubungan cinta dengan Kuat Maruf, adegan tidur yang dilakukan istri Ferdy Sambo saat rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J /Tangkapan layar TV Polr/

KARANGAYARNEWS - Beginilah hasil Deteksi Kebohongan atau lie detector terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi serta seorang asisten rumah tangga bernama Susi. Hasil tersebut diungkapkan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap Putri Candrawathi dan Susi dengan menggunakan alat Deteksi Kebohongan atau Lie Detector. Dedi mengatakan, pemeriksaan dengan Lie Detector untuk menjunjung pro justitia atau demi keadilan. 

Dedi memang tidak menjelaskan terkait hasil pemeriksaan secara detail karena merupakan materi penyidik. Meskipun demikian dirinya mengatakan bahwa hasil pemeriksaan Deteksi Kebohongan terhadap Putri Candrawathi maupun Susi memiliki hasil yang sama.

Baca Juga: Misteri Pintu Rahasia Rumah Ferdy Sambo, Begini Penjelasan Polri

"Hasil lie detector atau polygraph yang sudah dilakukan terhadap saudari PC dan juga saudari S, sama. Setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan operator polygraph hasil lie detector itu adalah pro justitia," kata Dedi kepada wartawan, Rabu 7 September 2022.

"Itu juga konstruknya penyidik. Kenapa saya bisa sampaikan pro justitia? Setelah saya tanyakan taunya ada persyaratan, sama dengan Ikatan Dokter Forensik Indonesia. Untuk polygraph itu juga ada ikatan secara universal di dunia, pusatnya di Amerika," sambungnya.

Menurut Dedi, alat pendeteksi kebohongan yang dimiliki Puslabfor Polri sudah terverifikasi. Dengan verifikasi ini, lanjut dia, hasil pemeriksaan ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Baca Juga: Ini Hasil Uji Kebohongan Tiga Tersangka Pembunuhan Brigadir J

"Alat polygraph yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah ya terverifikasi dan juga sudah terverifikasi baik ISO maupun dari perhimpunan polygraph dunia," tukas Dedi.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x