Slamet Raharjo dalam Testimoni Denny JA dan Para Tokoh Penggiat Literasi

- 14 Agustus 2022, 18:30 WIB
Para pembicara dan moderator dalam bedah buku Cagar Budaya Kota Salatiga dalam Tindak Slamet Rahardjo di Dinpersip Salatiga, 13 Agustus 2022
Para pembicara dan moderator dalam bedah buku Cagar Budaya Kota Salatiga dalam Tindak Slamet Rahardjo di Dinpersip Salatiga, 13 Agustus 2022 /Dok Satupena Jateng/

KARANGANYARNEWS - Peran Slamet Rahardjo dalam cagar budaya Kota Salatiga mengingatkan kita tentang kisah periwayat "Epic of Gilgamesh."

Demikian disampaikan Ketua Umum Satupena Pusat, Denny JA dalam sambutan tertulis dibacakan secara daring Sekjen Satrio Arismunandar, pada Peluncuran Literasi Virtual dan Cetak Buku "Cagar Budaya Kota Salatiga dalam Tindak Slamet Rahardjo".

Dalam acara yang dihelat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Sabtu 13 Agustus 2022 ini, Denny JA mengatakan, "Epic of Gilgamesh" peninggalan sastra paling tua dalam sejarah.

Baca Juga: Tangkal Aliran Ekstrim, Satupena dan FKUB Terbitkan Antologi Puisi Moderasi Beragama

Epik ini ditulis sekitar tahun 2100 sebelum Masehi. "Epic of Gilgamesh" sudah dilahirkan 4000 tahun lalu, lebih tua seribu tahun dibandingkan kitab suci Torah bangsa Yahudi, 2100 tahun sebelum Injil, dan  2700 tahun sebelum Alquran.

"Sejak ditemukan oleh arkeolog Hormudz Rassam di tahun 1853, epik ini disimpan saja di British Museum," ujarnya seraya menambahkan, Geoge Smith yang membuat "Epic of Gilgamesh" ini lebih dibicarakan. George Smith seorang ahli budaya kuno Mesir dan peradaan Asyiria.

Di tahun 1873-1875, demikian Denny JA, George Smith berhasil memecahkan kode bahasa dan menerjemahkan sebuah kisah dalam "Epic of Gilgamesh" itu. Ternyata itu adalah kisah banjir besar mirip kisah Nabi Nuh.

Baca Juga: Antologi Puisi Melawan Pandemi, Luapan Empati Penyair Lintas Provinsi

“Kisah ini sudah tertulis 1000 tahun sebelum kisah Nabi Nuh yang diceritakan pertama kali dalam sejarah di Torah,” terang Ketua Umum Satupena Pusat, Denny JA dalam sambutannya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x