Gunung Merapi Erupsi Lagi, Video Luncuran Wedhus Gembel dan Hujan Abu di Kawasan Boyolali

- 21 Januari 2024, 16:25 WIB
Gunung Merapi Erupsi Lagi, Video Luncuran Wedhus Gembel dan Hujan Abu di Kawasan Boyolali
Gunung Merapi Erupsi Lagi, Video Luncuran Wedhus Gembel dan Hujan Abu di Kawasan Boyolali /Instagram/@bpptkg

KARANGANYARNEWS - Gunung Merapi kembali erupsi dan meluncurkan awan panas alias wedhus gembel pada Minggu, 21 Januari 2024 sekitar pukul 14.00 WIB siang tadi.

"INFO BPPTKG: Video erupsi di Gunung #Merapi tanggal 21 Januari 2024 pukul 14:12 WIB, dengan Amplitudo max 70 mm dan Durasi 239.64 detik.

Visual Gunung Merapi berkabut dan arah angin ke Timur- Tenggara. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan," tulis admin Instagram @bpptkg yang merupakan akun resmi BPPTKG-PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Indonesia.

Baca Juga: 80 Kali Lebih Letusan Dahsyat sejak tahun 1006 , Sederet Misteri Dibalik Erupsi Gunung Merapi

Hujan Abu di Cepogo

Disebutkan dalam storynya, erupsi Merapi 21 Januari 2024 tersebut berdampak hujan abu di kawasan timur dan tenggara Gunung Merapi, salah satunya di wilayah Kecamatan Cepogo.

Dalam sepekan ini, gunung teraktif di Indonesia tersebut sudah mengalami setidaknya empat kali guguran awan panas selama periode 12-18 Januari 2024.

Data tersebut berdasarkan catatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada empat kali guguran awan panas yang keluar dari pusat kawah Gunung Merapi

Baca Juga: 13 Desa di Magelang dan Boyolali hujan abu vulkanik Erupsi Gunung Merapi

"Pekan ini terjadi empat kali awan panas guguran ke arah barat daya (hulu Kali Bebeng) dengan jarak luncur maksimal 2.400 meter," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan di Jakarta, Jumat lalu.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: Instagram/@bpptkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x