Pengantin Baru di Klaten Wajib Tebar Benih Ikan; Wouw, 1 Kuintal Masbro

- 20 Januari 2022, 20:21 WIB
Pasangan pengantin Wahudin - Desi Karmila Rusanti, seusai menjalani prosesi menebar benih ikan air tawar di Sungai Lunyu Kampung Sidorejo, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, belum lama ini
Pasangan pengantin Wahudin - Desi Karmila Rusanti, seusai menjalani prosesi menebar benih ikan air tawar di Sungai Lunyu Kampung Sidorejo, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, belum lama ini /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Tradisi unik di Kota Klaten, pasangan pengantin baru wajib menebar benih ikan ke sungai. Spektakulernya, ada yang menebar benih ikan satu kuintal.  

Sejumlah pria berbekal alat pancing duduk-duduk di tepi bantaran Sungai  Lunyu di Kampung Sidorejo, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Demi menunggu kehadiran pasangan pengantin baru, mereka tak menghiraukan panasnya terik matahari yang serasa di atas umbun-umbun kepala.

Baca Juga: Kalimati di Sukoharjo, Misteri Nikahi Kuntilanak dan Mati Geret Telu

Beruntung, tak lama kemudian pasangan pengantin yang ditunggu-tunggu pun hadir di tepi sungai selebar tak kurang tiga meter  tadi.

“Alhamdulillah, sudah datang. Tidak lama kami tersengat terik matahari,” celetuk salah seorang diantara mereka, dalam prosesi tebar ikan pasangan pengantin baru, Wahudin-Desi Karmila Rusanti, belum lama ini.

Menaiki transportasi tradisional becak, pasangan pengantin baru yang masih mengenakan busana tradisional adat Jawa, seusai pesta perkawinan, bergegas tebar pesona kepada puluhan warga yang menunggu di tepi Sungai Lunyu.

Baca Juga: Oalah! Parkir Bus di Malioboro Rp 350 Ribu Ternyata Mark Up Kru Bus Sendiri

"Ayo mas segera ditebar ikannya," celetuk pemancing lainnya yang nampak tak sabar menunggu lebih lama lagi. 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x