Warga Pentur Simo Gelar Karya Sambut Tahun Baru, Ada Topeng Ireng

- 31 Desember 2022, 14:48 WIB
Warga Pentur Simo bikin film
Warga Pentur Simo bikin film /Dok. Istimewa

KARANGANYARNEWS, BOYOLALI - Menyongsong pergantian tahun, warga masyarakat RT.14 RW.04 Desa Pentur dan Tumpi Readhouse menggelar karya seni pertunjukan di Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Sabtu 31 Desember 2022. Beberapa karya yang disajikan diantaranya seni tari, musik dan film.

Selain itu, tak ketinggalan mahasiswa KKN STMIK Sinar Nusantara Surakarta juga turut mempresentasikan karya website dan aplikasi desa di acara ini.
Tiga kelompok seni yang akan menjadi penampil di gelaran acara ini merupakan kelompok dampingan Tumpi Readhouse.

Ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Yayasan Tumpi Indonesia di bidang ekonomi kreatif. Selama enam bulan terakhir tiga kelompok seni telah dirintis.

Adapun masyarakat yang terlibat mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, dan remaja kampung. Mereka berproses dan berlatih di rumah baca Tumpi.
Seni tari topeng ireng akan disajikan oleh kelompok seni Ngestiasih yang dibentuk pada bulan september 2022 lalu.

Sebagian besar anggota kelompok ini terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri.
Kelompok musik GSA yang terdiri dari bapak-bapak dan remaja putra ini dirintis pada bulan Agustus 2022 lalu. Mereka akan menampilkan alunan musik dangdut, musik khas masyarakat Indonesia.

Tak ketinggalan, para pelajar SMP juga akan menyuguhkan karya film pendek yang mengangkat potensi desa yang ada. Kelompok yang diberi nama Literasinema ini dibentuk pada bulan Oktober 2022, mereka telah mengikuti pelatihan produksi film selama dua bulan di Tumpi.

Website dan Aplikasi Desa telah dibuat oleh Kelompok KKN-Tematik STMIK SINUS yang berlokasi di desa Pentur. Melalui acara ini mereka juga akan ikut andil memeriahkan acara dengan memamerkan kegiatannya selama 3 bulan mulai dari bulan Oktober - Desember 2022.

Beberapa program yang telah dijalankan diantaranya program kerja bagi pemerintah desa maupun masyarakat Desa Pentur. Program - program tersebut untuk mengembangkan warga desa yang berfokus pada bidang digital.

Program yang dijalankan di antaranya adalah pembuatan aplikasi pengelola data penduduk serta website profil desa. Program pendampingan masyarakat desa pentur juga dilakukan melalui kegiatan pelatihan.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x