Kejanggalan Surat Suara Rusak dan Salah Input Mengemuka dalam Pleno Rekapitulasi KPU Boyolali

- 4 Maret 2024, 19:35 WIB
Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti: Kesalahan input data karena faktor kelelahan
Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti: Kesalahan input data karena faktor kelelahan /Foto: Instagram @kpu_boyolali/

KARANGANYARNEWS - Kejanggalan surat suara rusak dan kesalahan input data perolehan suara juga disampaikan sejumlah saksi dari peseta Pemilu 2024 dalam rapat pleno Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 KPU Boyolali.

Sebagaimana diketahui, rapat pleno Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, dimulai  Rabu 28 Februari 2024 hingga Sabtu 02 Maret 2024 sore.

Ketua Bawaslu Boyolali, Widodo menyatakan, banyak kejadian khusus di setiap kecamatan. Dicontohkan, seusai PPK membacakan formulir D Hasil tingkat kecamatan, ada keberatan dari saksi.

 Baca Juga: Tanggapi DPTb dan DPK Tak Masuk Akal, KPU Solo Bersikukuh Tak Buka Kotak Suara dan Hitung Ulang

Menurutnya, semua itu dicarikan solusi di tingkat kabupaten. Semisal terkait input data yang salah di tingkat kecamatan atau PPK, harus dikoreksi di tingkat kabupaten.

"Contoh lainnya lagi, seharusnya di data berjenis kelamin laki-laki malah tertulis perempuan. Demikian juga sebaliknya,” kata dia kepada kepada waartawan yang menghubunginya.

 

Kejanggalan Surat Suara Ruak

Widodo menjelaskan, dua kejadian khusus yang menonjol mengemuka dalam pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar KPU Boyolali.

 Baca Juga: DRAMATIS dan MEMILUKAN: 2 Korban Tebing Longsor Meregang Nyawa Berpelukan

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah