Balita Tewas Digigit Ular; Wajib Tahu, Solo Raya Sarang Habitat Gadung Luwuk

- 21 Maret 2022, 23:08 WIB
Ular hijau ekor merah, trimeresurus insularis atau gadung luwuk yang sangat mudah beradaptasi dan berkembang biak, termasuk di lingkungan rumah berpenghuni
Ular hijau ekor merah, trimeresurus insularis atau gadung luwuk yang sangat mudah beradaptasi dan berkembang biak, termasuk di lingkungan rumah berpenghuni /Ilustrasi tangkapan media/

KARANGANYARNEWS – Waspadai, seluruh wilayah di Solo Raya terdeteksi  sarang habitat ular gadung luwuk yang menewaskan Balita di Karanganyar.

Ular hijau ekor merah atau trimeresurus insularis, masyarakat awam menyebutnya gadung luwuk, tergolong binatang melata yang mudah beradaptasi dan berkembang biak.

Di segala habitat, sebagaimana disampaikan  Janu Widodo,  Ketua Exalos Indonesia Rescue and Education, ular gadung luwuk dapat hidup dan berkembang biak.

Baca Juga: Dikira Mainan, Inilah Kronologi Balita 1,5 Tahun Tewas Digigit Ular

“Termasuk di pemukiman padat penduduk dan di rumah berpenghuni ular jenis ini dapat bertahan dan berkembang biak,” kata dia. Termasuk juga, pada halam dan teras rumah yang ada tanamannya.

Di seluruh wilayah Solo Raya (Karanganyarar, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Kota Solo), menurut Janu Widodo ular hijau ekor merah berkembang biak cukup pesat.

Dia sebutkan juga, dalam sepekan terakhir Exalos Indonesia telah mengevakuasi tak kurang 13 ekor ular hijau ekor merah. Diantaranya enam ekor dievakuasi di Banaran, Grogol, Sukoharjo, dan satu ekor di sebuah resto di Colomadu, Karanganyar.

Baca Juga: Balita Tewas Digigit Ular; Gadung Luwuk, Predator Agresif yang Mematikan

“Dua hari terakir kami juga mengevakuasi enam ekor di Sawahan, Boyolali. Di setiap tempat rimbun, semak-semak, perkebunan, atau halaman rumah di seluruh wilayah Solo Raya berpotensi ada ular hijau ekor merahi,” terang dia.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x