Beda Cilok, Cimol dan Cireng, Milenial Wajib Tahu!

- 8 November 2022, 23:42 WIB
Cilok, cimol maupun cireng merupakan makanan ringan yang biasa dikonsumsi guna mengganjal perut lapar. Ketiga kudapan ini termasuk jenis makanan khas Sunda. (Foto: Instagram/@dapurhany/@spillkuliner.id/@boombolezato)
Cilok, cimol maupun cireng merupakan makanan ringan yang biasa dikonsumsi guna mengganjal perut lapar. Ketiga kudapan ini termasuk jenis makanan khas Sunda. (Foto: Instagram/@dapurhany/@spillkuliner.id/@boombolezato) /

KARANGANYARNEWS - Beda Cilok, Cimol dan Cireng, Milenial Wajib Kamu Tahu. Siapa tak suka makan cilok? Hmm.. kebanyakan orang pastinya doyan banget sama jajanan satu ini dong ya.

Ya, cilok, cimol maupun cireng merupakan makanan ringan yang biasa dikonsumsi guna mengganjal perut lapar.

Ketiga kudapan ini termasuk jenis makanan khas Sunda yang terkenal dengan rasa gurih.

Cilok, cimol, dan cireng sama-sama dibuat dari bahan dasar aci. Kendati bahan utamanya sama, namun uniknya bisa menghasilkan rasa berbeda beda.

Baca Juga: Kandang Ternak di Wonogiri Terbakar Hebat, 7800 Ayam Hangus Terpanggang

Satu hal membedakan ketiga jajanan tersebut, yakni pada proses teknik pembuatan dan pengolahannya.

Adonan cimol dibuat dengan cara dibentuk bulat kira-kira sebesar kelereng dan ukurannya tak terlalu besar, sedikit lebih kecil dari cilok. Adonan yang telah dibentuk bulatan lalu digoreng.

Bicara soal cimol, kudapan murah meriah ini punya makna tersendiri, yakni 'aci gemol'. Dalam bahasa Sunda mengandung arti proses pembuatan makanan dengan cara dibulatkan.

Sementara cireng merupakan singkatan dari 'aci digoreng'. Ya, nama cireng diambil lantaran proses pembuatannya dilakukan dengan cara dipipihkan lalu digoreng hingga garing dan renyah.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x