Waroeng Jadoel Temanggung, Citarasa Khas Bertabur Eksotiknya Nostalgia

- 2 Maret 2022, 11:07 WIB
Beragam jajanan tradisional dan sajian aneka kuliner tempo dulue ada di Waroeng Jadoel Temanggung
Beragam jajanan tradisional dan sajian aneka kuliner tempo dulue ada di Waroeng Jadoel Temanggung /Dok travelingbae.com/

KARANGANYARNEWS - Nama aslinya Waroeng Sentosa. Waroeng Jadoel yang kini popular, sebutan para pelanggan yang terkesan sajian, plus beragam barang antik nan eknik di warung ini.

Waroeng Jadoel yang melegenda ini, memang benar-benar jadoel. Bukan warung modern yang dikonsep dan disetting ala jaman dulu, warung sederhana namun ‘ngangeni’ ini sudah ada sejak tahun 1800-an.

Waroeng Jadoel berlokasi di Jalan Jendral Sudirman 102 Kota Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya, di sebrang jalan Kantor Telkom Temanggung. Bangunannya memang tidak begitu besar, tapi sangat mudah ditemukan.

Baca Juga: Nasi Lethok Klaten, Citarasa Kuah Sambal Khas Nan Legendaris

Sebagaimana diunggah travelingbae.com, saat ini Waroeng Jadoel  dikelola Siti Sukastiyah, 70 tahun, dibantu anak dan menantunya. Disebutkan, perempuan ini generasi ke tiga pewaris pengelala Waroeng Jaduel.

Tidak ada catatan kepastian kapan berdirinya. Namun demikian, Siti Sukastiyah mengaku sejak berusia lima tahun telah membantu ibu dan neneknya berjualan di warung ini.

“Kala itu masa penjajahan Jepang. Seingat saya sejumlah tentara Jepang sering makan di warung ini,” kata perempuan yang akrap disapa Mbah Siti tadi kepada awak media.

 Baca Juga: Katuranggan; Gairah Asmara Wanita dari Wajah dan Posturnya

Kendati sudah alih generasi kesekian kali, oleh penerus usaha waralaba kuliner ini  memang sengaja dipertahankan. Tetap dilestarikan, sebagaimana semasa masih dikelola kakek neneknya tempoe dulu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x