Es Gempol Pleret, Jajanan Legendaris Tradisional Solo yang Ngangeni

- 19 November 2023, 22:21 WIB
Es gempol pleret, jajanan legendaris tradisional Solo yang ngangeni. Penikmat kuliner khas Solo tentunya sudah nggak asing sama jajanan menyegarkan es gempol pleret. (Foto: Instagram)
Es gempol pleret, jajanan legendaris tradisional Solo yang ngangeni. Penikmat kuliner khas Solo tentunya sudah nggak asing sama jajanan menyegarkan es gempol pleret. (Foto: Instagram) /
KARANGANYARNEWS - Es Gempol Pleret, Jajanan Legendaris Tradisional Solo yang Ngangeni. Penikmat kuliner khas Solo tentunya sudah nggak asing lagi sama jajanan menyegarkan es gempol pleret. 

Ya, minuman segar dengan berbagai macam isian ini sangat pas disantap saat siang hari. Es gempol pleret punya cita rasa khas, yakni paduan manis dan gurih yang lezat. Paduan ini berasal dari gurihnya santan dan manisnya gula jawa.

Jajanan yang kini mulai langka di Solo ini kaya dengan aneka ragam isian. Gempol sendiri terbuat dari paduan tepung beras dan tepung tapioka yang dibentuk bulat-bulat kecil.
 
Es gempol pleret merupakan minuman segar berbahan olahan santan kelapa dan gula jawa dengan sedikit bumbu aroma pandan. 
 
 
Gempol sendiri dibuat dari tepung beras, dibentuk semacam gumpalan nasi berwarna putih berbentuk oval pipih.
 
Sementara pleret juga berbahan tepung beras, hanya saja dalam adonan ditambah gula Jawa. Pleret berbentuk gulungan tipis.
 
Di Kota Solo, es gempol pleret bisa dijumpai di area Pasar Klewer. Salah seorang penjaja minuman tradisional di pusat perbelanjaan batik ini, Suliem mengaku sudah cukup lama menjajakan dagangannya. 
 
Penghasilan yang didapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ia mengaku omzet yang didapatkan per hari tidaklah menentu.
 
 
“Biasanya tidak menentu, kadang dapat Rp150 ribu, kadang sedikit, kadang lumayan cukup untuk uang makan sehari-hari,” kata Suliem. 
 
Wanita paruh baya ini berjualan es gempol pleret di lantai dua Pasar Klewer menggunakan gerobak, mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. 
 
“Bukanya tidak menentu, terkadang jam 09.00 atau 10.00 hingga jam 15.30 atau hingga habis baru tutup,” urainya 
 
Soal harga, jangan khawatir Guys, es gempol pleret cukup ramah di kantong loh. Ya, cuma dengan Rp8000 saja per cup, kamu sudah bisa menikmati segarnya minuman khas Solo ini dengan sensasi istimewa.
 
Selain di Pasar Klewer, kamu juga bisa menjumpai es gempol pleret di sekitar kompleks Keraton Kasunanan dan Pasar Gedhe. ***
 

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x