Inilah Jawabnya: Idul Fitri Hari Jumat, Masih Haruskah Sholat Jumat?

- 20 April 2023, 01:35 WIB
Idul Fitri 1444 Hijriyah yang jatuh hari Jumat, 21 April 2023 memunculkan banyak pertanyaan. Apakah masih harus sholat Jumat?
Idul Fitri 1444 Hijriyah yang jatuh hari Jumat, 21 April 2023 memunculkan banyak pertanyaan. Apakah masih harus sholat Jumat? /Freepik/rawpixel.com

KARANGANYARNEWS - Permasalahan hari raya Idul Fitri  yang jatuh pada hari Jumat, hingga saat ini masih memunculkan banyak pertanyaan umat Islam. Tidak hanya dalam forum-forum kajian Islam atau pengajian, dalam akun komunitas berbagai media sosial, belakangan ini pertanyaan terkait hal tersebut  juga viral.

  

Terlebih menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah, sering juga disebut Lebaran tahun 2023 ini. Sebagimana diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1444 Hijriyah jatuh pada hari Jumat tanggal 21 April 2023.

Penetapan ini tertuang maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah, maka ditetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat Pahing, tanggal 21 April 2023 M.

 Baca Juga: Polemik Beda Hari Raya Idul Fitri, Thomas Djamaluddin: Perlu Otoritas Tunggal

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari laman fatwatarjih.or.id, portal resmi PP Muhammadiyah menjelaskan, terdapat beberapa hadist  yang menerangkan adanya keringanan untuk tidak melakukan sholat Jumat bagi kaum muslim yang sudah melaksanakan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Namun demikian, dijelaskan hadist-hadist tersebut ada yang dinilai lemah, karena ada perawinya yang tidak dikenal. Dicontohkan diantaranya hadist  riwayat Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah dari Ilyas bin Abi Ramlah.

Sunah Nabi

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x