Heboh di Media Sosial, Air yang Dibawa Gubernur Ganjar ke IKN Nusantara dari Jawa Timur?

- 15 Maret 2022, 23:22 WIB
Gubernur jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi menuangkan air ke bejana di IKN Nusantara.
Gubernur jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi menuangkan air ke bejana di IKN Nusantara. /Pemprovjateng.go.id

KARANGANYARNEWS -  Sebanyak 34 gubernur membawa tanah dan air untuk disatukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta air dan tanah diambil dari wilayah masing-masing.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membawa tanah dari kawasan Gunung Tidar, Magelang.  Sedangkan air diambil dari Sendang Bancolono di lereng Gunung Lawu.

Belakangan ramai di media sosial karena Sendang Bancolono ternyata berada di wilayah Magetan, Jawa Timur.  Sendang tersebut lokasinya di bawah jembatan yang sekaligus sebagai perbatasan wilayah Jateng dan Jatim.

Baca Juga: Tanah dan Airnya Diusung ke IKN, Inilah Misteri Keramatnya Gunung Tidar

Sisi timur sungai yang mengalir di bawah jembatan itu merupakan wilayah Magetan (Jatim), sedangkan sisi barat sungai itu masuk wilayah Karanganyar (Jateng).

Di timur sungai terdapat Sendang Bancolono yang terdirti dari Sendang Putri dan Sendang Lanang. Sedangkan di barat sungai terdapat pundhen atau Pertapaan Bancolono.

“Dua sendang itu masuknya wilayah Magetan (Jatim) karena ada di timur sungai. Yang masuk Tawangmangu itu pundennya,” kata penjaga Sendang Bancolono Best Hariyanto, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Tanah dan Air Pertapaan Bancolono Menyatu di IKN, Inilah Misteri dan Historisnya

Best mengatakan awal Maret lalu ada utusan dari Semarang mengambil air dengan jerigen dari dua sendang tersebut. Namun, dia tidak mengetahui air tersebut akan dibawa ke IKN Nusantara.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah