Tema dan Sejarah Hari Gizi Nasional ke-63, Stunting Jadi Sorotan

- 25 Januari 2023, 20:22 WIB
Tema dan sejarah Hari Gizi Nasional ke-63, stunting jadi sorotan. Setiap 25 Januari Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). (Foto: Pixabay/JerzyGorecki)
Tema dan sejarah Hari Gizi Nasional ke-63, stunting jadi sorotan. Setiap 25 Januari Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). (Foto: Pixabay/JerzyGorecki) /

KARANGANYARNEWS - Tema dan Sejarah Hari Gizi Nasional ke-63, Stunting Jadi Sorotan. Setiap 25 Januari Bangsa Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). Adapun pada peringatan ke-63 kali ini, HGN jatuh pada Rabu, 25 Januari 2023.

Selaras dengan komitmen pemerintah menekan angka stunting di Indonesia, peringatan Hari Gizi Nasional kali ini pun mengangkat tema "Protein Hewani Cegah Stunting". Maksudnya adalah seruan kepada masyarakat untuk mencegah stunting.

Untuk diketahui, stunting merupakan gangguan pertumbuhan atau perkembangan pada anak.

Stunting pada anak sangatlah berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena akan merusak masa depan bangsa.

Baca Juga: Jadwal, Prediksi Skor, dan Link Live Streaming Nottingham Forest vs Man Utd di Carabao Cup

Stunting adalah kondisi kekurangan gizi pada bayi di seribu hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak serta tumbuh kembang anak.

Akibat mengalami kekurangan gizi menahun, bayi stunting tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurannya.

Indonesia termasuk negara dengan prevalensi stunting kelima terbesar di dunia.

Berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2019), angka prevalensi stunting di Indonesia adalah sebesar 27,67 persen dan masih di atas angka standar ditoleransi WHO, yakni di bawah 20 persen.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah