Melongok 10 Kisah Masjid Menara Kudus, Umat Islam Perlu Tahu

- 5 Mei 2022, 14:25 WIB
Gapura Masjid Menara Kudus, akukturasi budaya Jawa, Hindu dan Islam
Gapura Masjid Menara Kudus, akukturasi budaya Jawa, Hindu dan Islam /Instagram @menarakudus/

KARANGANYARNEWS - Umat muslim pasti tahu, Masjid Menara Kudus, yang legendaris serta bersejarah, yang biasa dipakai untuk wisata religi.

Atau jangan-jangan kamu pernah kesini, menjalankan sholat lima waktu, disela-sela perjalanan dinas atau perjalanan wisata.

Tapi, yang belum tahu, apalagi sama sekali belum pernah kesini, rugi, karena tempat ini punya banyak kisah seputar penyebaran agama Islam di tanah air.

Masjid Menara Kudus tak hanya kondang, tapi sebagai salah satu masjid bersejarah di Pulau Jawa, masjid yang jaraknya hanya 1,5 km dari pusat kota ini, bisa menambah wacana edukasi tentang perkembangan agama Islam.

Inilah 10 kisah tentang Masjid Menara Kudus, yang dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id dan duniamasjid.islamic-center.or.id.

1. Arsitektur Unik

Menara masjid ini begitu unik, mirip candi, terbuat dari batu bata merah dengan tinggi 17 m, yang merupakan gabungan arsitektur Jawa, Hindu dan Islam.

2. Gapura Candi

Tak hanya menara yang unik, gapura masjid pun juga berbeda, karena salah satu pintu gapura, menyerupai bentuk gapura candi-candi di Bali atau biasa disebut kori agung, sehingga menjadi bukti sejarah, adanya akulturasi kebudayaan, antara Jawa, Hindu, dan Islam.

3. Lawang Kembar

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x